Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Dosen Unair Bagikan Tips Cegah Pencurian Data Pribadi di Medsos

Pendidikan Pendidikan Tinggi perlindungan data pribadi Perguruan Tinggi UNAIR
Arga sumantri • 21 April 2021 11:13
Surabaya: Media sosial menjadi salah satu bagian dari teknologi yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Meski demikian, media sosial bisa memberikan dampak baik maupun buruk, bergantung pemanfaatannya. 
 
Contoh dampak positif media sosial yakni bisa menjadi penghubung komunikasi antar manusia dan penyedia informasi terkini. Sedangkan, dampak negatifnya penggunaan media sosial banyak disalahgunakan oleh pihak tertentu. Saat ini, banyak para pengguna media sosial menjadi korban penipuan yang bermula dari pencurian data pribadi.
 
Dosen Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga (Unair) Badrus Zaman menuturkan, bermedia sosial harus memahami informasi yang telah dibagikan mengandung konsekuensi. Konsekuensi tersebut bergantung seberapa detail informasi yang dibagikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semakin banyak informasi detail yang kita (pengguna media sosial, Red) bagikan, maka semakin rentan curian data yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak berkepentingan dan tidak bertanggung jawab," tutur Badrus mengutip siaran pers Unair, Rabu, 21 April 2021.
 
Dosen Sistem Informasi tersebut mengatakan, social engineering menjadi awal mula maraknya penipuan dan pencurian data di media sosial. Hal itu didasari seberapa banyak informasi yang didapat oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
 
Baca: Lakukan Ini Agar Olahraga Selama Puasa Tingkatkan Imunitas
 
Badrus mengungkapkan, sebenarnya data yang tersedia di media sosial tidak harus dicuri. Sebab, data tersebut telah disediakan oleh pengguna secara sadar atau tidak sadar dengan membagikan informasi detail yang dimilikinya.
 
Dengan memanfaatkan informasi yang tersedia di media sosial, siapa pun dapat memanfaatkan informasi tersebut dan kemudian dapat digunakan untuk berbagai hal, tergantung seberapa banyak informasi yang didapatkan. Pemanfaatan informasi ini juga dapat berdampak pada hal yang paling krusial, yakni akuisisi akun pengguna sehingga pegguna tidak bisa masuk ke akun media sosial miliknya.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif