Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Dosen UNAIR Bagikan Cara Mudah Menulis Ilmiah

Pendidikan Pendidikan Tinggi Publikasi Ilmiah Perguruan Tinggi UGM
Ilham Pratama Putra • 15 Mei 2021 10:45
Jakarta: Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR), Susy Katikana Sebayang mengatakan ada trik mudah dalam menulis ilmiah. Menurut dia, menulis ilmiah jauh lebih mudah dari penulisan kreatif.
 
"Sebenarnya menulis ilmiah jauh lebih mudah daripada menulis yang inovatif dan kreatif seperti novel dan sebagainya. Karena karya ilmiah sudah ada pakemnya dan sudah ada formula yang perlu diikuti," ungkap Susy dalam siaran pers Unair dikutip Sabtu, 15 Mei 2021.
 
Ia mengatakan, terdapat tahapan-tahapan yang harus dilalui dalam penulisan ilmiah. Susy menyebut, para penulis karya ilmiah harus paham struktur apa yang akan digunakan. Misalnya, judul, abstrak, introduction, method, result, discussion, conclusion. Format tersebut leboh sering digunakan pada studi kuantitatif, sedangkan untuk kualitatif lebih bervariasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Namun tetap ada metode, hasil, dan diskusi," tegas dia.
 
Baca: Tips Memulai Bisnis ala Mahasiswa ITS
 
Susy juga memberikan tips agar atikel ilmiah yang dibuat bisa terdapat di halaman pertama mesin pencarian. Salah satunya, dengan memanfaatkan keywords yang sering digunakan banyak orang dalam judul.
 
"Hal ini membuat peran judul sangat penting bagi karya ilmiah, karena merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh pembaca," lanjut dia.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif