Ilustrasi. Foto: Dok Kemendikbudristek.
Ilustrasi. Foto: Dok Kemendikbudristek.

Lulusan Teknik Mesin Berujung Kerja di Bengkel, Benarkah?

Pendidikan Tips Pendidikan Perguruan Tinggi Program studi
Arga sumantri • 26 Januari 2022 07:08
Jakarta: Ada sebagian pihak menganggap kalau lulusan jurusan Teknik Mesin ujungnya bakal kerja di bengkel, bersentuhan dengan oli, mengangkat alat berat, dan lainnya. Namun, sebetulnya anggapan tersebut tak sepenuhnya benar.
 
Banyak lapangan pekerjaan bagi lulusan Teknik Mesin yang menghabiskan waktu hanya di depan layar komputer. Jurusan Teknik Mesin merupakan salah satu disiplin ilmu teknik yang berfokus pada sistem mekanis, baik dalam hal desain, pengamatan, pembuatan, perawatan, dan perbaikannya. 
 
Pada jurusan ini, akan dipelajari ilmu fisika, matematika, dan kimia. Lulusan Teknik Mesin akan menyiapkan segala hal tentang sistem mekanis, mulai dari desain, cara kerja, hasil kerja, dan material pembangun dari mesin itu sendiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Intinya, lulusan Teknik Mesin diharapkan bisa memahami sebuah sistem mekanis untuk membantu kegiatan manusia agar lebih produktif dengan tenaga yang hemat. Bisa juga berinovasi untuk membuat sistem mekanis yang lebih efisien dari mesin sebelumnya atau membuat mesin baru.
 
Baca: Sering Terbalik, Ini Beda Penanda Waktu ala AM dan PM
 
Beberapa mata kuliah utama yang akan ditemukan saat belajar di jurusan ini adalah kalkulus, fisika listrik, metalurgi fisik, mesin konversi energi, pneumatik dan hidrolika, pesawat pengangkat, dan masih banyak lagi. Banyaknya mata kuliah di Jurusan Teknik Mesin karena ilmu teknik mesin yang banyak dipakai di berbagai bidang, seperti produksi, transportasi, kesehatan, dan lain-lain.
 
Ilmu teknik mesin tentunya sangat berperan di era teknologi yang maju seperti sekarang. Kebutuhan akan sarjana di bidang ini sangat dinanti-nanti oleh banyak industri, salah satunya adalah pembangkit energi. 
 
Lulusannya bisa bekerja di berbagai pembangkit tenaga seperti PLTU, PLTA, PLTP dan lain-lain. Lulusan Teknik Mesin bisa bekerja sebagai operator mesin pembangkit, maintenance, atau bahkan menemukan desain mesin pembangkit lain dalam konversi energi yang lebih efisien.
 
Ilmu Teknik Mesin juga bisa diterapkan di industri otomotif dan transportasi. Salah satu bidang yang juga sangat membutuhkan lulusan teknik mesin adalah industri produksi di pabrik.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif