Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Guru Besar Unand Berbagi Cara Dorong Indikator Kinerja Utama

Pendidikan Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 19 November 2020 12:28

Kegiatan KKN juga harus dipastikan untuk menambah kredit semester. Di Unand, kata dia, KKN dinilai sebanyak dua Satuan Kredit Semester (SKS).
 
"Tapi kita juga harus melakukan penilaian lainnya, bagaimana dia beraktivitas setiap hari, disiplin, sopan santun dan tanggung jawabnya seperti apa. Nanti juga harus ada laporan akhirnya," terang Khasrad.
 
Dosen kata dia, juga harus menyusun KKN agar dapat berkaitan dengan mata kuliah lain. Misal, dengan mata kuliah yang berkaitan dengan sosialisasi pedesaan, pembangunan daerah, kearifan lokal, hingga teknologi terbarukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: THE by Subjects 2021, ITB Terbaik di Bidang Ilmu Komputer
 
Dengan begitu, perguruan tinggi sudah tentu dapat memenuhi IKU dari kegiatan KKN. Transformasi perguruan tinggi akhirnya dapat berjalan dengan baik.
 
"Capaian ini kan juga nanti ada insentifnya sebagai kampus merdeka. Tinggal kita susun kurikulumnya, tahapannya. Atau kita dorong kita godok ini juga bisa sebagai tugas akhir mashasiswa," ungkapnya.
 
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan ada delapan IKU yang menjadi tugas utama bagi perguruan tinggi. Salah satunya, mendidik mahasiswa agar menjadi sarjana yang bisa produktif dan membuat mahasiswa beradaptasi dengan cepat untuk masuk ke dunia kerja. Selain itu, memperbanyak dosen berinteraksi dan berhubungan dengan industri, kemudian memperbanyak profesional dunia kerja yang ikut mendidik menyiapkan mahasiswa di dalam kampus.
 
(AGA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif