Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

5 Tips Belajar Jelang Penilaian Akhir Semester di Sekolah

Pendidikan pendidikan Sekolah Tips Pendidikan
Citra Larasati • 03 Desember 2021 08:30
Jakarta:  Tidak terasa semester ganjil akan berakhir kurang dari satu bulan lagi dan kamu juga akan segera bertemu dengan Penilaian Akhir Semester (PAS) atau Ujian Akhir Semester (UAS) di sekolah.  Untuk itu, ayo persiapkan diri untuk menghadapi PAS yang akan hadir sebelum semester ganjil ini berakhir.
 
Persiapan ini lebih berat lagi, terutama bagi kamu yang akan ikut mendaftara SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) tahun depan.  Di semester ganjil tahun inilah (semester 5), bakal menjadi nilai penutup di rapor kamu yang nanti akan diakumulasi untuk SNMPTN.

Berikut 5 tips belajar menjelang PAS, dikutip dari laman Ruangguru:

Belajar di Waktu yang Tepat

Ada beberapa teori bahwa waktu belajar yang efektif itu di malam hari. Sayangnya, ada penelitian lain yang mengungkapkan bahwa belajar itu sebaiknya di waktu pagi hari (subuh).
 
Terlepas dari waktu belajar yang bisa kamu gunakan, sebaiknya tetap dikondisikan dengan tubuh kamu. Soalnya ada beberapa orang yang tubuhnya itu sangat produktif ketika malam hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kamu harus bisa mengetahui diri kamu itu termasuk orang yang cepat menangkap pelajaran di malam hari atau pagi hari. Jangan samakan waktu belajar kamu dengan teman-teman kamu ya. Kalau kamu merasa bahwa belajar di pagi hari lebih cepat dipahami, mulai sekarang rutinkan saja kebiasaan itu.

Sering Menjawab Latihan Soal

Jangan pernah sekali-kali merasa sombong dan paham betul tentang sebuah materi yang sudah kamu pelajari. Tidak akan ada yang percaya ketika kamu bilang “Aku sudah paham materi ini”
 
Satu-satunya cara untuk membuktikan bahwa kamu sudah benar-benar paham ialah dengan menjawab soal latihannya. Ada cara yang bisa mengasah kemampuan kamu dalam menjawab soal-soal tersebut.
 
Baca juga:  Mahasiswa Wajib Tahu 5 Trik Microsoft Word Ini, Berguna Buat Bikin Skripsi
 
Kamu bisa mencoba dengan menjawab soal setiap hari maksimal tiga soal saja di tiap mata pelajarannya. Kalau dihitung-hitung, jika setiap harinya kamu menjawab tiga soal latihan, maka dalam satu bulan bisa lebih dari 50 soal latihan yang kamu jawab.

Belajar Kelompok

Saat PAS nanti, kamu memang enggak boleh bekerja sama dengan temanmu untuk menjawab soal-soal tersebut. Tapi, saat menjelang penilaian akhir semester, enggak ada salahnya kamu dan teman-temanmu itu bekerja sama dalam mengerjakan latihan soal.
 
Ya, dengan kata lain kamu bisa menerapkan belajar kelompok lho. Misal, ditentukan hari apa dan belajar secara bergantian di rumahmu dan temanmu.   Salah satu manfaat yang bisa kamu rasakan dengan belajar kelompok ialah bisa saling bertukar pikiran.
 
Enggak cuma jawaban atas soal-soal latihan aja lho, dalam belajar kelompok juga bisa melatih keberanian berpendapat bahkan bisa melatih kecerdasan emosional dalam menerima pendapat orang lain. Selain itu juga bisa lebih membangun keakraban dengan teman-teman juga.

Pilih Suasana Belajar yang Nyaman

Tips nomor 4 ini sama dengan tips nomor 1 tadi. Setiap orang punya pilihannya masing-masing. Pasti ada di antara kamu yang kalau belajar harus di tempat yang enggak berisik. Istilah kerennya sih suasananya kondusif gitu. Tempat favorit belajar biasanya di perpustakaan.
 
Ada juga yang senang belajar di cafe sambil minum Thai Tea atau sembari menyerupur boba. Pasang headset dan mendengarkan lagu, lalu mulai mengerjakan soal deh. K
 
Kalau haus tinggal sedot Thai Tea yang ada di depan mata. Enggak ada yang salah dengan suasana belajar tersebut, yang perlu kamu pahami adalah harus tahu suasana yang mendukung belajar kamu itu seperti apa. 
 

Istirahat yang Disertai Doa

Belajar,belajar, belajar dan terus belajar.  Namun jangan lupa untuk istirahat agar persiapanmu tidak sia-sia hanya karena kamu sakit.  Paling penting, jangan lupa untuk selalu mengiringi usahamu dengan doa dan minta doa juga dari ayah dan ibu ya!

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif