NEWSTICKER
Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi
Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi

Tips Jalur Mulus Lolos SNMPTN

Pendidikan SNMPTN/SBMPTN 2020
Ilham Pratama Putra • 27 Februari 2020 11:12
Jakarta: Pendaftaran Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 bakal ditutup hari ini, Kamis, 27 Februari 2020 pukul 23.59 WIB. Ditjen Dikti meminta para pendaftar memastikan tahapan pengisian data saat pendaftaran SNMPTN dilakukan dengan benar.
 
Agar pengisian berjalan lancar dan peluang diterima di PTN impian semakin besar, Ditjen Dikti memberikan tips dan trik untuk mahasiswa yang eligible atau memenuhi syarat mendaftar SNMPTN tahun ini. Berikut kiat-kiat dari Ditjen Dikti:
 
1. Pilih jurusan dengan tepat

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari laman Instagram @ditjen dikti, peserta harus mampu mengenali minat mereka dalam memilih jurusan. Pertimbangan jurusan secara matang menjadi mutlak untuk dilakukan.
 
2. Ketahui nilai rapormu
 
Bersikap realistis dengan pencapaian nilai ketika mengemban pendidikan di SMA. Hal itu diperlukan untuk mengetahui batas kemampuan diri saat memilih jurusan yang dikehendaki.
 
Baca juga:Terlanjur Finalisasi SNMPTN, Tetap Bisa Daftar KIP Kuliah
 
3. Cari tahu sainganmu
 
Peserta diminta memetakan para pesaing. Pertimbangan memilih jurusan juga harus melihat seberapa banyak peminat jurusan tersebut.
 
4. Pelajari relasi sekolah
 
Hubungan antara sekolah dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diminati juga harus diperhatikan. Pastikan jika sekolah memiliki hubungan yang baik dengan kampus yang kamu minati.
 
5. Pelajari track record alumni
 
Ketahui PTN mana saja yang paling banyak menerima alumni sekolah peserta. Perlu diperhatikan juga, prestasi apa saja yang alumni sekolah peserta miliki pada PTN yang ingin dituju.
 
6. Cari info mengenai kuota
 
Pastikan bahwa peserta mencari informasi kuota jurusan yang dipilih. Hal itu diperlukan untuk menganalisis peluang untuk lolos.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif