Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Guru Besar: Berkebun di Rumah Tingkatkan Kemandirian Pangan

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Daviq Umar Al Faruq • 19 Mei 2020 14:04
Malang: Guru Besar Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jabal Tarik Ibrahim mengajak masyarakat berkebun di rumah selama pandemi virus korona (covid-19). Berkebun di rumah bisa membantu memenuhi ketersediaan komoditas pangan.
 
"Masyarakat dapat bergotong royong untuk memenuhi ketersediaan komoditas pangan secara domestik atau dari tingkat rumah tangga, desa, kecamatan, dan kota," kata Jabal, Selasa, 19 Mei 2020.
 
Menurut Jabal, berkebun di rumah bisa jadi cara memenuhi kebutuhan gizi secara mandiri. Berkebun di rumah juga bisa meningkatkan produktivitas masyarakat selama adanya pembatasan aktivitas di luar rumah dalam rangka mencegah penyebaran covid-19. Pola berkebun di rumah paling cocok yakni dengan sistem aquaponik dan hidroponik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selain mengusir rasa bosan, bertanam merupakan salah satu langkah mudah untuk berdonasi oksigen," ujarnya.
 
Baca:Kurikulum Pendidikan Vokasi Harus Diracik Bersama Industri
 
Ketua Mahasiswa Relawan Siaga Bencana (Maharesigana) UMM, Rindya Fery Indrawan menuturkan pandemi memaksa masyarakat berinovasi memenuhi kebutuhan pangan. Berkebun di rumah bisa jadi salah satu caranya.
 
"Kita harus beradaptasi dengan kondisi The New Normal," kata mahasiswa Magister Agrobisnis UMM tersebut.
 
Berkebun di rumah jadi salah satu pembahasan dalam Seminar Agro Online Pendampingan Pangan dari Rumah (Pangandaru) bertajuk 'Langkah Mudah Menuju Masyarakat Mandiri Pangan'.
 
Kegiatan yang berlangsung pada 18-20 Mei itu membahas sejumlah hal terkait langkah-langkah meningkatkan kemandirian pangan. Selain itu dibahas juga soal ketahanan pangan dengan perspektif pertanian dan perikanan. Selain diskusi, digelar pula kegiatan donasi terbuka dan pembagian sembako, pengadaan Alat Pelindung Diri (APD), serta penyemprotan disenfektan di tempat-tempat umum.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif