Sosialisasi pencegahan stunting oleh organisasi Perempuan jenggala.
Sosialisasi pencegahan stunting oleh organisasi Perempuan jenggala.

Cegah Stunting, Kebutuhan Gizi Anak Perlu Terus Diperhatikan

Pendidikan kesehatan anak stunting
Arga sumantri • 12 November 2020 22:25
Jakarta: Organisasi Perempuan Jenggala menekankan pentingnya upaya pencegahan meningkatnya kasus stunting di Indonesia. Khususnya, di masa pandemi virus korona (covid-19) seperti saat ini.
 
Ketua Perempuan Jenggala Vicky Kartiwa mengatakan pemenuhan gizi anak harus tetap diperhatikan untuk menjaga imunitas mereka agar terhindar dari infeksi covid-19. Sebab, imunitas erat kaitannya dengan cukup atau tidaknya asupan makan anak.
 
"Yang akan berpengaruh langsung terhadap status gizi dan imunitasnya," kata Vicky melalui siaran pers, Kamis, 12 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Vicky mengatakan, berdasarkan Pemantauan Status Gizi (PSG) yang dilakukan Kementerian Kesehatan, persentase anak di bawah lima tahun (balita) Indonesia yang mengalami stunting sebesar 29,6 persen. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan standar persentase stunting yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia WHO, yaitu 20 persen.
 
Baca: Nadiem Berkomitmen Tekan Angka Stunting Hingga 14%
 
Vicky menambahkan, asupan gizi anak juga harus menjadi konsentrasi semua pihak. Terlebih, di masa pandemi seperti ini banyak orang tua yang sulit memenuhi kebutuhannya apalagi memberikan makanan layak pada anak-anak mereka. Makanya, kata dia, upaya pemerintah dalam memberikan asupan gizi seimbang kepada para balita perlu terus didukung.
 
"Dengan asupan makan yang cukup baik jumlah, jenis, dan frekuensinya maka imunitas akan terjaga sehingga anak mampu menangkal penyakit infeksi, dan ini membutuhkan dukungan pemerintah, kita semua harus terus kawal kebijakan-kebijakan tersebut," ujarnya. 
 
Situasi ini yang melatarbelakangi Perempuan Jenggala menggelar sosialisasi pencegahan stunting di beberapa tempat. Sosialisasi pencegahan stunting ini jadi rangkaian kegiatan bakti sosial Perempuan Jenggala dalam rangka Hari Kesehatan Nasional.
 
Kegiatan baksos yang mengambil tema 'Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat' kali ini bekerjasama dengan Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) yang dipimpin Yanti Airlangga.
 
Kegiatan diisi pembagian 500 paket sembako yang disalurkan ke beberapa titik di Ciputat, Tangerang Selatan, dan Ciracas, Jakarta Timur. Paket berisi sembako dan kebutuhan pokok, serta makanan pendamping untuk ibu hamil dan balita, hygiene kit, juga sosialisasi protokoler Kesehatan 3 M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif