Orang Tua Melek Teknologi, Anak Terarah Bermain Gadget

inten Suhartien 05 Februari 2018 19:28 WIB
pendidikan
Orang Tua Melek Teknologi, Anak Terarah Bermain Gadget
Ilustrasi - Medcom.id
Jakarta: Perkembangan teknologi seharusnya bisa dimanfaatkan oleh orang tua dalam mengawasi anak bermain gadget. Agar anak terarah bermain gadget, disarankan bagi orang tua untuk membekali diri terlebih dahulu dengan kemajuan teknologi.

Seringnya, orang tua justru tidak tahu apa saja yang dikunjungi anaknya ketika berselancar di dunia maya. Hal ini menyebabkan anak cenderung lebih defensif ketika tidak diberikan izin untuk bermain gadget oleh orang tua.


"Misalnya game online, jika orang tua tidak tahu permainan apa yang dimainkan oleh anaknya anak akan dibiarkan bermain hingga level permainan tertentu. Jika sudah begitu, baru dilarang bermain. Jelas dengan begitu anak akan marah," kata Psikolog Anak Firesta Farizal kepada Medcom.id, Jakarta, Senin, 5 Februari 2018.

Menurut Firesta, banyak orang tua yang mengeluh karena anaknya terlalu asyik bermain gadget hingga 7-8 jam sehari. Namun saat ditanya permainan apa yang membuat anaknya betah bermain gadget, orang tua kerap tidak mengetahuinya.

"Seharusnya jangan tunggu sampai delapan jam. Jika orang tua paham apa yang digandrungi anaknya bermain gadget dan sudah lebih dari satu jam nonstop, harusnya sudah dicegah," tegasnya.

Sebenarnya banyak orang tua yang sudah mengerti bahayanya bermain gadget terlalu lama pada anak. Meskipun konten tontonan pada gadget sudah dibatasi oleh orang tua, namun orang tua kerap lupa pada iklan-iklan yang tersedia.

"Walaupun sudah ditentukan kontennya, tetapi dilihat dulu iklan-iklan yang muncul. Jangan-jangan ada yang tidak sesuai dan akan bahaya jika tanpa sengaja di-klikoleh anak-anak," papar Firesta.

Karena itu, penting bagi orang tua untuk menonton terlebih dahulu dan mendampingi anaknya ketika memegang gadget. Orang tua juga harus bijak dalam menentukan konten-konten yang ditelusuri anaknya.

Namun demikian, Firesta tak menampik bila banyak konten positif yang disediakan di dunia maya. Untuk itu orang tua harus pandai dan bijak saat anak memegang gadget.

Anak-anak yang saat ini masuk dalam generasi Z perlu dibimbing oleh orang tua. Era digital yang membuat segalanya lebih mudah lewat gadget menuntut orang tua untuk menghargai setiap proses yang dilakukan oleh anak-anaknya.

"Orang tua harus lebih mengapresiasi usaha anak dan membiarkan anak untuk mengeksplorasi. Namun tetap dalam pendampingan orang tua," kata dia.



(HUS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id