Live Streaming Bincang Santai Teras LPPM ATVI bertema Fotografi Gerbang ke Dunia Media Digital
Live Streaming Bincang Santai Teras LPPM ATVI bertema Fotografi Gerbang ke Dunia Media Digital

Ramai NFT, Ini 4 Tips Agar Karya Foto Diterima di Platform Digital

Pendidikan pendidikan Karya Seni pendidikan nonformal tips & trik
Media Indonesia.com • 16 Januari 2022 17:59
Jakarta: Dunia fotografi seperti mendapat tempat lagi setelah viral harga foto di aset digital Non Fungible Token (NFT) hingga jutaan rupiah. Nah, Dosen Akademi Televisi Indonesia (ATVI), Erwin Mulyadi, memberikan tips agar foto kalian bisa diterima di platform digital.

1. Kuasai teknik dasar

Pertama adalah kuasai teknik dasar. Erwin mengatakan, mempelajari fotografi, baik teori maupun praktik, bisa dilakukan secara mandiri ataupun melalui pendidikan formal/nonformal. 
 
Fotografer harus memiliki bekal awal yang utama, yakni teknis dan estetika visual. Keduanya dibutuhkan dalam bidang produksi media digital. 
 
“Dari sisi teknis, fotografi banyak membahas alat (kamera dan lensa), kemudian tentang konsep pencahayaan, serta teknik memakai kamera yang baik," kata Erwin saat menjadi pembicara dalam dalam acara Live Streaming Bincang Santai Teras LPPM ATVI bertema Fotografi Gerbang ke Dunia Media Digital, yang ditayangkan melalui kanal Youtube LPPM ATVI, akhir pekan lalu. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari sisi estetika visual, lanjut dia, fotografi jauh lebih luas dan kompleks. Fotografi harus melibatkan rasa, pesan visual, hingga makna dari sebuah foto.
 
Erwin menekankan, meski setiap orang bisa mengambil foto dengan kamera yang ada, tapi fotografi bukan hal yang sederhana untuk dikuasai dan dipahami. Apalagi saat ini banyak orang hendak menjadi content creator.
 
Baca: Apa itu NFT? Bikin Ghozali Jadi Miliarder Dari Foto Selfie
 
"Faktanya, foto dan video punya banyak kesamaan konsep yang perlu dikuasai, misalnya tentang eksposur, fokus, pencahayaan, fokal lensa, hingga resolusi gambar," kata dia.

2. Pilih peminatan

Sebelum mulai menjual foto di platform digital, fotografer harus pinta memilih peminatan. Sebab, banyak peminatan fotografi seperti hiburan, informasi, edukasi, berita, hingga personal. 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif