Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

4 Orang yang Cocok untuk Buatkan Recommendation Letter Beasiswa, Siapa Saja Ya?

Medcom • 06 Desember 2022 16:20
Jakarta: Ada enggak nih dari kalian yang mau mengikuti beasiswa atau mendaftarkan diri ke perguruan tinggi, namun membutuhkan recommendation letter? Hah? Apa itu recommendation letter?
 
Dilansir dari situs IND Beasiswa, recommendation letter atau surat rekomendasi dapat didefinisikan sebagai sebuah surat yang berisikan gambaran umum mengenai seseorang. Biasanya, konten dari surat rekomendasi berisikan tentang deskripsi umum mengenai diri seseorang, skills atau kemampuan yang mereka miliki, serta potensi yang dimiliki diri seseorang.
 
Umumnya, recommendation letter digunakan mahasiswa sebagai dokumen pendukung ketika mereka tengah mengajukan beasiswa atau mendaftarkan diri ke kampus. Namun, perlu dicatat surat rekomendasi tidak bisa dibuat sembarang orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Buat kalian yang ingin tahu siapa saja orang-orang yang diperbolehkan untuk menulis surat rekomendasi untuk kalian, simak terus artikel berikut ini!

1. Dosen

Dilansir dari Instagram @kobieducation, bila kalian mempunyai relasi yang baik dengan dosen di kampus, kalian bisa nih meminta pertolongan mereka membuatkan surat rekomendasi untuk kalian. Dosen-dosen seperti dosen pembimbing penelitian/PKM/skripsi/proyek atau bahkan dosen yang pernah mengajarkan kalian di kelas, bisa kalian minta bantuannya kok! Untuk mempermudah kalian dalam mendapatkan surat rekomendasi, kalian bisa mengincar dosen-dosen yang gampang ditemui atau mudah dihubungi ya!

2. Atasan di Kantor

Kalian punya impian melanjutkan S2 namun bukan lagi seorang fresh graduate atau sedang bekerja di suatu perusahaan? Eitss.. Tenang saja, Sobat Medcom! Kalian bisa kok meminta bantuan atasan kalian! Kalian bisa mengajukannya kepada manager, supervisor atau CEO dari tempat kerja kalian untuk membuatkan recommendation letter untuk kalian.

3. Atasan di Organisasi Sosial

Nah, kalau misalkan Sobat Medcom pernah mengikuti atau berperan aktif dalam suatu organisasi sosial, kalian bisa nih meminta pertolongan ketua organisasi untuk menuliskan recommendation letter untuk kalian. Cocok banget deh buat scholarship yang memberikan kebebasan pesertanya untuk mendapatkan surat rekomendasi dari siapa pun.

4. Tokoh Masyarakat

Kalian punya koneksi yang baik dengan tokoh masyarakat? Kalian bisa nih manfaatkan bantuan mereka untuk menuliskan recommendation letter untuk kalian. Sebenarnya, enggak semua beasiswa memperbolehkan tokoh masyarakat untuk memberikan reference letter, namun scholarship seperti LPDP ngebolehin kalian minta surat rekomendasi kepada Bupati, Menteri, Kepala Ormas, hingga bahkan Kepala Suku sekali pun kok!
 
Nah, itulah empat orang yang bisa kalian minta bantuannya untuk membuatkan surat rekomendasi kalian. Bagi Sobat Medcom yang ingin mengetahui informasi atau tips lainnya seputar beasiswa, jangan lupa untuk terus mengikuti Medcom, ya! Semoga membantu! (Gracia Anggellica)
 
Baca juga: Step-Step Persiapan Kuliah S1-S3 di Amerika Serikat, Dimulai Sejak Kelas X

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif