Siswa tengah belajar di kelas. Foto: MI/Andri Widiyanto
Siswa tengah belajar di kelas. Foto: MI/Andri Widiyanto

Guru, Ini 6 Cara Mengidentifikasi Kebutuhan Belajar Siswa

Medcom • 01 Juni 2023 21:26
Jakarta: Melakukan identifikasi terhadap kebutuhan belajar para siswa-siswi sangatlah penting untuk guru maupun tenaga pengajar. Hal ini guna membantu proses transfer ilmu dapat berjalan dengan baik dan dapat lebih mudah untuk diterima oleh murid.
 
Dengan mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa, maka guru dapat lebih mudah dalam menentukan metode ajar yang akan dilakukan.  Maka dari itu, alangkah baiknya para pendidik memperhatikan cara apa yang perlu dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar murid sebelum proses pembelajaran.
 
Lantas, bagaimana mengidentifikasi kebutuhan belajar murid-murid? Melansir akun Instagram resmi @ditjen.gtk.kemdikbud, berikut cara mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa:
  1. Mengamati perilaku murid-murid
  2. Mengidentifikasi pengetahuan awal
  3. Menggunakan berbagai bentuk asesmen formatif, termasuk juga asesmen awal
  4. Berbicara dengan guru murid sebelumnya
  5. Me-review dan melakukan refleksi terhadap praktik pengajaran
  6. Membaca rapor murid dari kelas mereka sebelumnya.
Demikian cara mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa untuk mempermudah metode ajar agar dapat berjalan dengan baik. (Dewi Larasati). 

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

 
Baca juga:  22 Ribu Guru PAI Bakal Terima Insentif Tahun Ini, Cek Kriterianya


 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(CEU)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan