Berikut ini beberapa solusi efektif yang bisa membantu kamu tidak dikejar deadline dan tetap menghasilkan pekerjaan optimal dilansir dari Instagram @ditjen.dikti:
Tips mengatasi kewalahan dikejar deadline
1. Jangan menunda pekerjaan
Menunda-nunda pekerjaan adalah salah satu penyebab utama terburu-buru saat mendekati deadline, apalagi ketika kamu menunda pekerjaan, kemungkinan besar kamu harus lembur untuk menyelesaikannya bahkan hasilnya bisa kurang optimal. Mulailah pekerjaan secepat mungkin untuk menghindari tekanan di akhir waktu.2. Jangan menganggap mudah
Menganggap mudah tugas yang diberikan bisa berujung pada penyesalan, karena ketika kamu meremehkan pekerjaan, kamu bisa kewalahan sendiri nantinya. Selain itu, menumpuk banyak tugas dalam waktu singkat bisa menimbulkan burnout. Oleh karena itu, hadapi dan kerjakan tugas sebaik mungkin.3. Atur prioritas
Ketika banyak pekerjaan menumpuk, kadang sulit menentukan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Sebaiknya, kelompokkan tugas berdasarkan batas waktu penyelesaiannya.Kamu bisa menggunakan empat matriks kuadran untuk membantu memprioritaskan tugas berdasarkan tingkat kepentingan dan urgensinya berikut ini. Sehingga, kamu bisa fokus pada tugas yang benar-benar penting dan mendesak.
Matriks ini terbagi menjadi empat kuadran, masing-masing memberikan panduan tentang cara menangani tugas yang berbeda:
1. Kuadran DO (penting dan mendesak)
Kuadran ini mencakup tugas-tugas yang memiliki prioritas tinggi dan harus diselesaikan sesegera mungkin.2. Kuadran DECIDE (penting tapi tidak mendesak)
Tugas-tugas di kuadran ini penting tetapi tidak mendesak. Ini adalah tugas yang memerlukan perencanaan dan dapat dijadwalkan untuk diselesaikan di waktu mendatang.3. Kuadran DELEGATE (tidak penting tapi mendesak)
Kuadran ini mencakup tugas-tugas yang mendesak tetapi tidak penting dan tugas ini dapat didelegasikan kepada orang lain.4. Kuadran DELETE (tidak penting dan tidak mendesak)
Tugas di kuadran ini tidak penting dan tidak mendesak, bahkan bisa mengabaikan atau menghapusnya.4. Buat Jadwal
Sering kali notifikasi dari WhatsApp atau media sosial mengganggu konsentrasi saat bekerja dan mengerjakan tugas. Kamu bisa mulai mengatur waktu yang tepat untuk membuka handphone dan harus fokus dengan pekerjaan. Hal ini bisa membuat jadwal yang terstruktur dan membantu kamu mengelola waktu dengan lebih baik serta menyelesaikan tugas tepat waktu.Semoga informasi di atas bisa membantu kamu agar tidak lagi kewalahan dengan deadline yaa.
(Shofiy Nabilah)
Baca juga: Tips dan Trik Mengembalikan Mood Belajar Setelah Libur Panjang |
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News