Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Mengenal Jurusan dan Jalur Masuk Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Medcom • 24 Maret 2022 13:37
Jakarta:  Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) merupakan perguruan tinggi negeri (PTN) yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Institusi pendidikan vokasi ini telah mendapat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT).
 
PENS semula merupakan bagian dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).  Politeknik ini juga menjalin kerja sama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA).
 
Sehingga, kualitas pendidikannya tak perlu diragukan lagi.  Tertarik berkuliah di politeknik ini? Berikut daftar jurusan program D3 dan D4 PENS yang dilansir dari laman Akupintar.

Program Diploma 3 (D3)

Terdapat sepuluh program studi berjenjang diploma 3 yang dimiliki PENS. Perkuliahan jurusan tersebut tak semuanya dilakukan di kampus Sukolilo, Surabaya, melainkan ada yang digelar di Lamongan, Sumenep, atau khusus dilaksanakan secara pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kesepuluh program studi itu ialah Teknik Elektronika (A), Teknik Telekomunikasi (A), Teknik Elektro Industri (A), Teknik Informatika (A), Teknologi Multimedia Broadcasting (B), Teknik Informatika Kampus Lamongan (Baik), Teknologi Multimedia Broadcasting Kampus Lamongan (Baik), Teknik Informatika Kampus Sumenep (Baik), Teknologi Multimedia Broadcasting Kampus Sumenep (Baik), dan PJJ Teknik Informatika (B).

Program Sarjana Terapan (D4)

Terdapat 11 program studi berjenjang sarjana terapan di PENS. Sama seperti program D3, pendidikan jenjang ini juga ada yang digelar melalui program pembelajaran jarak jauh (PJJ).
 
Kesebelas jurusan tersebut adalah Teknik Elektronika (A), Teknik Telekomunikasi (A), Teknik Elektro Industri (A), Teknik Informatika (A), Teknik Mekatronika (A), Teknik Komputer (A), Sistem Pembangkitan Energi (B), Teknologi Game (B), Teknologi Rekayasa Internet (Baik), Teknologi Rekayasa Multimedia (Baik), dan PJJ Teknik Telekomunikasi (B).

Jalur Masuk PENS

Bagi Sobat Medcom yang berminat melanjutkan pendidikan di PENS, bisa mencoba sejumlah jalur masuk yang tersedia. Berikut adalah lima jalur masuk PENS:

1. SNMPTN

Jalur undangan ini hanya bisa diikuti untuk jenjang pendidikan D4 saja. Di tahun 2022, sayangnya pendaftaran SNMPTN telah ditutup dan tinggal menunggu hasil pada 29 Maret mendatang.

2. SNMPN

Jalur undangan ini dikhususkan bagi program pendidikan D3. Sama seperti SNMPTN, pendaftaran SNMPN 2022 telah ditutup dan tinggal menunggu hasil pada 16 April nanti.

3. SBMPTN

Jalur seleksi tes tertulis ini terbuka bagi program pendidikan D4. Pendaftaran SBMPTN telah dibuka sejak 23 Maret 2022. 

4. SBMPN

Jalur seleksi tes tertulis ini dikhususkan bagi program pendidikan D3. SBMPN akan dimulai pada 6 April hingga 9 Juli 2022.

5. SIMANDIRI

Seleksi Mandiri Politeknik Elektronika Negeri Surabaya ini menyaring calon mahasiswa baru pada Program D3 dan D4/Sarjana Terapan sekaligus. Seleksi ini akan dibuka pada 9 Juli sampai 8 Agustus 2022.
 
Baca juga:  SPMB PKN STAN, Tahun Ini Wajib Ikut UTBK Dulu
 
Demikian sekilas pembahasan mengenai jurusan, akreditasi, dan jalur masuk Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Bagi Sobat Medcom yang tertarik berkuliah di institusi ini, perhatikan jadwal seleksi dengan baik agar tak tertinggal pendaftaran, ya! (Nurisma Rahmatika)

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif