Ilustrasi Jamu. Foto: MI/Fransisco Carollio
Ilustrasi Jamu. Foto: MI/Fransisco Carollio

Guru Besar: Jamu Optimalkan Sistem Imun Cegah Covid-19

Pendidikan Virus Korona
Arga sumantri • 12 Mei 2020 12:39
Jakarta: Guru Besar Bidang Biologi Sel dan Molekuler Universitas Brawijaya (UB) Sutiman B Sumitro menyatakan Jamu memiliki komponen bioaktif yang dapat membuat sistem imun dalam tubuh bekerja optimal. Dengan begitu, bisa terhindar dari virus korona (covid-19).
 
Sutiman menjelaskan, seseorang terkena covid-19 akut karena terjadi badai inflamasi dalam tubuh. Badai inflamasi ditandai dengan produksi radikal bebas yang sangat berlebihan dan tidak terkendalikan. Pada kasus badai inflamasi, kata dia, produksi radikal bebas terjadi terus-menerus dapat sampai tingkat parah karena tidak mengenal kontrol.
 
"Hal ini beriringan dengan melemahnya sistem kekebalan tubuh. Untuk itu diperlukan perbaikan manajemen radikal bebas agar sistem imun dapat bekerja normal," papar Sutiman mengutip laman UB, Selasa, 12 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sutiman menuturkan, di dalam jamu ada peran Low Molecular Weight Anti Oxydant (LMWA), yaitu komplek senyawa organik mengandung logam transisional, berukuran puluhan nano meter yang memiliki kemampuan sebagai scavenger atau peluruh radikal bebas. Komplek ini dapat bertindak sebagai peluruh radikal tanpa menjadi radikal.
 
Baca:Pakar Imunologi UGM Berbagi Jurus Meningkatkan Imunitas
 
LMWA pada jamu yang memiliki ukuran puluhan nano meter ini dapat dimanfaatkan dalam pengendalian produksi radikal bebas. Dengan begitu, dapat menurunkan level radikal bebas ke jenjang fisiologi normal agar sistem kekebalan tubuh dapat bekerja optimal.
 
"Jamu yang memiliki perspektif holistik dapat didayagunakan untuk penyelesaian masalah kesehatan nasional. Dengan perspektif nano sains, diharapkan dapat dikembangkan teknologi untuk menanggulangi masalah epidemi covid-19 dengan basis sumber daya lokal," tegasnya.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif