Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

2 Kunci Penting Sukses Berkarier di PT Pegadaian

Citra Larasati • 20 Maret 2022 11:00
Jakarta:  Tips berkarier di dunia kerja selalu menjadi bahasan yang menarik untuk diulas, tidak terkecuali karier di PT Pegadaian.  Untuk dapat berarier di Pegadaian, ternyata ada beberapa nilai atau kriteria yang harus dipenuhi jika ingin sukses berkarier di PT Pegadaian.
 
Pegadaian merupakan perusahaan BUMN yang dibuka pertama kali di Sukabumi pada tanggal 1 April 1901.  Mengusung visi ‘becoming the most valuable financial company’, pegadaian berusaha untuk bernilai dari segi kemanfaatan kepada masyarakat. 
 
Kepala Divisi Operasional Human Capital PT Pegadaian, Muhammad Andi Ibrahim mengatakan, pegadaian termasuk dalam 17 perusahaan BUMN yang telah melakukan asesmen INDI 4.0 pada tahun 2020 lalu. Asesmen INDI 4.0 adalah suatu indeks untuk mengukur kesiapan industri untuk bertransformasi menuju industri 4.0. Dengan skor tertinggi, 3.41, pegadaian dinilai berada pada level matang dalam menerapkan industri 4.0.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Keuntungan pegadaian sebagian besar disetorkan ke pemerintah melalui DPS (dana pembangunan semesta), untuk selanjutnya disetorkan ke anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN),” ungkapnya pada gelaran Airlangga Online Career Fair (AOCF), dikutip dari laman Unair, Minggu, 20 Maret 2022.
 
Namun, sambung Andi, untuk bekerja di pegadaian ada kriteria yang harus dipenuhi oleh para pelamarnya.  Berikut kriteria yang harus kamu penuhi untuk dapat berkarier di Pegadaian.

Inovatif 

Di pegadaian disediakan sarana untuk mengembangkan sisi kreatif dari kaum milenial. Setiap tahunnya, pegadaian mengadakan perlombaan inovasi kepada para pegawainya. Hadiah yang diberikan pun tidak main-main, dari emas, hingga perjalanan dengan kapal pesiar pun diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap inovasi-inovasi mereka.

SKA (Skill, Knowledge, Attitude)

Pegadaian tidak membatasi fakultas asal calon pegawai selama ia memiliki skill yang mumpuni untuk bekerja di bidang yang diinginkan.   “Semua jurusan dibuka. fakultas hukum, fakultas ekonomi, TNI. Yang penting pada saat seleksi mereka bisa memenuhi kualifikasi yang telah ditetapkan,” ujar Kepala Divisi Operasional Human Capital PT Pegadaian.
 
Baca juga:  5 Kriteria yang Harus Dipenuhi untuk Berkarier di Bank Indonesia
 
Menurutnya, kurang lebih tiga tahun sekali akan ada pertukaran bidang pekerjaan kepada pegawainya. Hal itu dilakukan untuk memperkaya wawasan dan kompetensi sehingga saat menjadi pimpinan pegadaian, ia sudah memiliki kemampuan yang komprehensif atau menyeluruh.
 
“Pegadaian adalah wadah yang tepat bagi teman-teman yang ingin berkarir dengan peningkatan terus-menerus, berkesinambungan dan top, yang penting skills, attitude, dan knowledge teman-teman selalu diasah,” pungkasnya. 
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif