Ilustrasi. Dok Pexel.com
Ilustrasi. Dok Pexel.com

Catat! 7 Pertanyaan yang Sering Muncul Saat Wawancara Beasiswa

Pendidikan Beasiswa Tips Pendidikan Perguruan Tinggi
Arga sumantri • 11 Januari 2022 07:22

4. Bagaimana Kamu Melihat Diri Sendiri Lima Tahun dari Sekarang?

Di sini, penyelenggara beasiswa ingin melihat apakah kamu sudah memiliki rencana jangka panjang.
 
Jadi, daripada hanya menjawab bahwa ingin lulus tepat waktu dan membangun usaha sendiri, akan lebih baik bila bisa menjelaskan dengan detail terkait visi di masa depan. Lalu, rencana untuk meraihnya, dan apa yang telah dilakukan untuk mencapai hal tersebut.
 
Contohnya, kalian ingin menjalankan usaha di bidang pendidikan setelah lulus. Maka, kalian bisa cerita kalau sudah banyak melakukan riset di bidang ini. Atau, bahkan menjadi relawan di sejumlah kegiatan pendidikan.

5. Ceritakan Pengalamanmu Ketika Melewati Tantangan Terbesar dalam Hidup

Tentunya, kita semua memiliki tantang tersendiri dalam hidup. Tapi, tantangan seperti apa sih yang patut untuk diceritakan dalam menjawab pertanyaan wawancara beasiswa model ini?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk menjawab hal tersebut, kalian perlu memikirkan dengan matang, tantangan hidup apa yang paling dapat menggambarkan kelebihan kalian dalam mengatasi suatu permasalahan.
 
Baca: Tips Susun CV ATS agar Lolos Beasiswa dan Karier di Luar Negeri

6. Mengapa Kami Harus Memberikan Beasiswa Kepadamu?

Dalam menjawab pertanyaan wawancara beasiswa yang ini, kalian harus berhati-hati. Kalianu tidak bisa hanya mengandalkan prestasi akademis dan organisasi kamu. Soalnya, para kandidat lainnya dalam tahap wawancara tentunya memiliki segudang prestasi yang tidak kalah hebat dengan kalian!
 
Jadi, kalian bisa mengakui kalau peserta lain memang sama hebatnya. Tapi, lanjutkan dengan bercerita mengenai hal-hal yang bisa kalian lakukan untuk berkontribusi di universitas atau institusi penyelenggara beasiswa.
 
Kalian juga bisa menceritakan pengalaman non-akademis lainnya yang dimiliki, seperti kegiatan wirausaha atau relawan.

7. Mengapa Kamu Ingin Melanjutkan Studi di Universitas Tersebut? Mengapa Ingin Kuliah di Luar Negeri?

Kalian bisa menjawab pertanyaan wawancara beasiswa ini dengan mengaitkan universitas tujuan, dengan rencana kalian untuk mengembangkan diri atau mencapai mimpi. Serta, menjelaskan bahwa universitas tersebut dapat membantu secara akademik di bidang yang kalian pilih.
 
Makanya, kalian perlu mencari tahu terlebih dahulu sebelum tahap wawancara mengenai universitas yang dipilih. Mulai dari pencapaian universitas, reputasi terhadap bidang yang digeluti, dan hal-hal spesifik lainnya.
 
(AGA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif