Ilustrasi. Pexel
Ilustrasi. Pexel

Mengenal 3 Struktur Motivation Letter yang Baik dan Tepat

Medcom • 24 Mei 2022 17:48
Jakarta: Motivation letter merupakan salah satu persyaratan untuk melamar pekerjaan atau beasiswa. Dokumen ini umumnya memuat kualifikasi dan prestasi yang diperoleh pelamar dalam beberapa tahun terakhir.
 
Pencapaian tersebut bukan cuma dijabarkan begitu saja, melainkan mesti disusun sesuai struktur tertentu agar lebih menarik. Dikutip dari akun Instagram @kobieducation, motivation letter secara umum terdiri dari tiga bagian.
 
Pertama, introduction dan hook. Bagian ini memuat penjelasan mengenai alasan pelamar memilih program yang dilamar, bisa berupa alasan personal maupun dikaitkan dengan tantangan yang sedang dihadapi industri saat ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Introduction dan hook ibarat dekorasi dalam sebuah restoran. Senikmat apa pun hidangan yang disajikan, pengunjung tak akan tertarik bila dekorasinya nampak kumuh.
 
Begitu pun dengan motivation letter. Sebagus apa pun prestasi dan kualifikasi yang dimiliki pelamar, belum tentu bisa menarik perhatian perekrut jika bagian awalnya nampak membosankan.
 
Kedua, body atau isi. Bagian ini bisa dipecah menjadi beberapa paragraf, di mana setiap alineanya memuat informasi yang berbeda pula. 
 
Body bisa diisi dengan memaparkan pengalaman terdahulu yang relevan dengan program yang dilamar. Selain itu, juga bisa menjabarkan tentang plan atau rencana masa depan.
 
Jika ditujukan untuk melamar beasiswa, bagian body pada motivation letter juga dapat diisi dengan sejumlah alasan mengapa pelamar tertarik melanjutkan studi di kampus atau negara tujuan.
 
Terakhir, conclusion atau kesimpulan. Bagian ini sejatinya bersifat opsional, sehingga tak masalah bila tidak dituliskan dalam motivation letter.
 
Meski begitu, tak ada salahnya menulis bagian ini sebagai penutup. Conclusion umumnya memuat rangkuman singkat berupa pernyataan ulang ide utama terkait alasan memilih program yang dilamar. (Nurisma Rahmatika)
 
Baca: Menulis 'Motivation Letter' Beasiswa, Tak Sekadar Mengklaim Diri Sendiri
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif