Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Kenali, Ragam Jenis Beasiswa Kuliah

Pendidikan Beasiswa Bantuan Pendidikan Tips Pendidikan Perguruan Tinggi
Arga sumantri • 29 Januari 2022 08:03
Jakarta: Beasiswa jadi salah satu program yang banyak diburu, baik itu pelajar yang hendak lanjut program sarjana, atau mahasiswa yang ingin melanjutkan studi magister, bahkan doktor. Sebelum mendaftar beasiswa, ada baiknya mengetahui tentang jenis-jenis beasiswa yang tersedia.
 
Informasi mengenai beasiswa yang perlu diketahui bukan hanya soal nominal. Namun, informasi krusial lainnya juga mesti dipahami, mulai kriteria, periode, cakupan, serta syarat dan ketentuannya.
 
Melansir Quipper, berikut ini jenis-jenis beasiswa yang ada: 

Berdasarkan Bentuk Pembiayaan 

Berdasarkan bentuk pembiayaannya, beasiswa dibedakan ke dalam beberapa jenis, yaitu:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Beasiswa Bantuan
 
Beasiswa bantuan diberikan kepada mahasiswa yang kurang mampu dalam hal ekonomi, tetapi memiliki prestasi yang baik dalam hal akademik. Karena berprestasi, maka mahasiswa tersebut dianggap layak untuk melanjutkan studi atau pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
 
Pihak penyedia beasiswa akan meninjau terlebih dahulu mengenai ketidakmampuan finansial calon penerima beasiswa. Hal-hal yang disurvei biasanya mulai dari jumlah saudara kandung yang tengah menempuh studi, pendapatan orang tua, serta biaya hidup. Salah satu contohnya adalah program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah bagi calon mahasiswa dan beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) bagi yang sudah menjadi mahasiswa.
 
2. Beasiswa Penghargaan
 
Beasiswa penghargaan merupakan jenis beasiswa yang diberikan bagi para mahasiswa berprestasi yang memiliki pencapaian akademik terbaik. Salah satu indikator dari pemberian beasiswa ini adalah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) untuk mahasiswa dan rata-rata nilai rapor bagi kamu yang masih duduk di bangku sekolah.
 
Selain nilai akademik, siswa yang aktif dalam kegiatan nonakademik juga menjadi pertimbangan untuk bisa mendapatkan beasiswa ini. Contoh beasiswanya adalah beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA).
 
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif