Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

15 Jurusan yang 'Enggak Ada Matinya', Lulusannya Terus Dibutukan di Masa Depan

Pendidikan Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi Program studi
Citra Larasati • 21 Januari 2022 09:09
Jakarta:  Seiring dengan kemajuan zaman, tren pekerjaan pun ikut berubah.  Meski perubahan terjadi, namun ada beberapa jenis pekerjaan yang lulusannya diprediksi bakal terus dibutuhkan di masa depan.
 
Tren pekerjaan ini penting untuk diamati dan analisis sebelum kamu memutuskan program studi dan jurusan saat akan masuk dunia perkuliahan. Sebab jurusan yang kamu pilih saat ini, bisa jadi akan menentukan nasib dan masa depan kamu di kemudian hari.
 
Berikut jurusan kuliah yang lulusannya akan selalu banyak dicari di masa depan dikutip dari laman Ruangguru:

1. Psikologi

Jurusan ini biasanya masuk dalam daftar pilihan favorit calon mahasiswa yang mau masuk di Perguruan Tinggi Negeri.  Baik di jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), maupun seleksi Jalur Mandiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jurusan ini akan mempelajari sejumlah ilmu yang terkait tingkah laku dan mental manusia. Lingkup karier bagi lulusan jurusan psikologi juga terhitung luas.  Tidak hanya jadi HRD, namun juga bisa bekerja di sekolah sebagai guru Bimbingan Konseling (BK). 
 
Atau bahkan di lingkungan perusahaan rintisan atau startup, lulusan jurusan psikologi bisa bergabung sebagai UX researcher.  Profesi yang belakangan disebut dibutuhkan untuk menganalisa umpan balik dari konsumen terhadap merek tertentu.

2. Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat

Tidak hanya di musim pandemi seperti sekarang ini, profesi yang terkait dengan jurusan kedokteran dan kesehatan masyarakat juga diprediksi bakal jadi jurusan yang tetap dicari di masa depan. 

3. Keperawatan

Selain dokter, tentu saja ada jurusan keperawatan yang akan mencetak tenaga perawat untuk mendampingi kerja dokter.  Jurusan ini juga akan tetap dibutuhkan di masa depan untuk membantu tugas dokter.  Jika kamu memilih jurusan ini, tentu saja materi-materi penanganan pasien akan kamu terima. Peran perawat juga tidak kalah penting loh dari dokter.

4. Farmasi

Masih terkait dengan dunia kesehatan, profesi yang masih akan banyak dibutuhkan di masa depan salah satunya adalah yang terkait dengan dunia farmasi.  Dunia farmasi akan seiring sejalan dengan terus adanya kebutuhan masyarakat dunia akan kesehatan.
 
Sehingga tidak aneh jika industri di bidang farmasi akan terus berkembang dan membutuhkan banyak SDM di dalamnya.  Tapi jangan salah, farmasi tidak hanya berkutat pada persoalan obat-obatan medis saja, namun juga akan semakin dibutuhkan di dunia industri kosmetika yang terstandar layak dari kaca mata kesehatan.

5. Matematika

Kalau kamu merupakan orang yang senang berhitung dan selalu kepo dengan teka-teki angka, maka jurusan ini pas banget buat kamu. Ya, matematika diperkirakan bakal terus dibutuhkan di masa depan.  
 
Baca juga:  Skor IELTS di Bawah 6,5? Artinya, 5 Beasiswa Ini Buat Kamu Banget
 
Sebab era yang serba bergantung pada bid data dan disrupsi teknologi juga akan membuat lulusan matematika semakin banyak dibutuhkan.  Jadi kalau kamu mau menjadi bagian dari pekerja masa depan, enggak ada salahnya memilih jurusan ini.
 
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif