Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Mengupas TOEFL PBT dan iBT: Format, Pendaftaran, dan Skor

Pendidikan Beasiswa Bahasa Inggris TOEFL
Citra Larasati • 04 Desember 2021 18:14
Jakarta:  Bagi kamu yang ingin mengukur kemampuan berbahasa Inggris tentu saja pernah mendengar istilah TOEFL (Test of English as Foreign Language).  Selama ini, ada dua jenis ujian yang paling sering digunakan di Indonesia yaitu TOEFL PBT dan TOEFL iBT. 
 
TOEFL itu sendiri adalah ujian kompetensi bahasa Inggris yang banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan internasional. Selama ini, ada dua jenis ujian yang paling sering digunakan di Indonesia yaitu TOEFL PBT dan TOEFL iBT.
 
Meski demikian, sejak April 2021 TOEFL PBT tidak lagi ditawarkan dan diganti dengan TOEFL iBT.  Untuk mengenal lebih jauh apa perbedaan keduanya, yuk kita simak artikel yang dilansir dari laman Cakap.com berikut ini: 

1. TOEFL iBT dan Format Ujian

TOEFL iBT merupakan bentuk ujian terbaru TOEFL yang berbasis internet, sesuai dengan nama iBT yang merupakan singkatan dari internet-Based Test. Ujian ini terdiri dari empat sesi yaitu reading, listening, speaking, dan writing di mana kamu akan merespons pertanyaan dalam bentuk audio atau tulisan dengan jawaban dalam bentuk lisan atau tulisan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:  Mengenal Present Perfect Tense, Kegunaan, dan Contoh Kalimatnya
 
Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya seluruh bagian ujian ini adalah sekitar 3-3,5 jam dengan pembagian masing-masing sesi sebagai berikut: 
 
Mengupas TOEFL PBT dan iBT: Format, Pendaftaran, dan Skor
Foto: Dok. Cakap.com

2. Pendaftaran dan Persiapan Ujian

Pendaftaran TOEFL iBT dilakukan langsung di website resmi www.ets.org sebagai penyedia resmi TOEFL iBT. Sebelum mendaftar harus memperhatikan jenis ujian yang akan kamu pilih yaitu: 
  • Ujian di lokasi test centers tertentu
  • Ujian di rumah
  • Ujian Paper Edition (hanya berlaku di negara tertentu, Indonesia tidak termasuk)
Dalam pendaftaran kamu akan diminta untuk membuat akun, mengisi data diri, serta memilih lokasi ujian yang disediakan. Kamu akan dikenakan biaya sebesar USD205 atau sekitar Rp2.950.000 untuk setiap ujiannya.

3. Skor dan Penilaian

Sistem penilaian atau skor dalam TOEFL iBT menggunakan angka yang lebih kecil yaitu dengan maksimal 120 secara total. Sementara untuk masing-masing keterampilan memiliki nilai tersendiri seperti yang ada di tabel berikut:
 
Mengupas TOEFL PBT dan iBT: Format, Pendaftaran, dan Skor
Foto: Dok. Cakap.com
 
Peserta ujian TOEFL dapat mengakses nilai ujiannya secara online melalui akun di ets.org serta mengunduhnya dalam format PDF. Sementara untuk hasil resminya akan langsung dikirimkan ke institusi yang membutuhkan.  
 
Demikianlah informasi mengenai tes TOEFL iBT yang bersifat online yang diadakan sekitar 60 kali setahun di pusat ujian atau test centers
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif