Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Kiat Sukses Belajar Mata Pelajaran yang Tak Disukai

Pendidikan pendidikan Sekolah Tips Pendidikan pelajaran Mata pelajaran
Arga sumantri • 29 Januari 2022 09:06
Jakarta: Sebagai pelajar, ada kalanya merasa tidak suka dengan satu atau dua mata pelajaran. Alasannya pun sangat beragam. Sulit dimengerti, terkesan membosankan, atau bahkan karena kurang suka dengan cara mengajar gurunya. 
 
Kesulitan-kesulitan ini terbilang wajar. Dari sekian banyak asupan mata pelajaran yang diterima di sekolah, ada kemungkinan beberapa pelajaran jadi sebuah kendala. 
 
Namun, bukan berarti masalah tersebut tak ada solusinya. Suka tidak suka, setiap mata pelajaran harus dilalui agar bisa lulus. Melansir Ruangguru, berikut ini tips sukses belajar mata pelajaran yang tidak disukai:

1. Coba Berbagai Macam Metode Belajar

Coba berbagai macam variasi metode belajar dan temukan tipe belajar yang paling cocok. Misalnya, hari ini menggunakan flash card, kemudian besok dengan video belajar, lalu coba mencatat. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, mengubah lokasi belajar pun dapat berpengaruh, lho! Pasalnya, suasana baru akan memunculkan semangat baru. Ingat, tetap cari lokasi yang kondusif untuk belajar. Misalnya taman, museum, dan sebagainya. Jangan sampai malah menimbulkan lebih banyak distraksi.
 
Baca: Selain Pemandangan Nordik, Ini 5 Alasan Kuliah di Denmark Bakalan Seru

2. Cari Celah-nya!

Bagi pelajaran yang dirasa sulit, perlu dicari 'celahnya'. Carilah pola belajar atau mengerjakan soal dengan cara yang mudah dipahami. Setelah menemukan celahnya, pasti ke depannya akan terasa lebih ringan. 
 
Ingat, ketika dulu belajar mengendarai sepeda, motor, bahkan mobil. Di tahap awal, pasti merasa kesulitan, harus menjaga keseimbangan, lihai mengukur sudut kiri dan kanan, dan sebagainya. Namun, ketika sudah tahu celahnya, semua jadi lebih mudah, bukan? Sama halnya dengan mata pelajaran.
 
 
Halaman Selanjutnya
3. Limit Your Session Jangan…
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif