Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Do's and Don'ts dalam CV dan Surat Motivasi Beasiswa Prancis

Pendidikan beasiswa Pendidikan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 06 Juni 2020 10:10
Jakarta: Curriculum Vitae (CV) dan surat motivasi menjadi salah satu syarat yang kerap dicantumkan beberapa perguruan tinggi saat menawarkan beasiswa studi jenjang S1 hingga S3 di Prancis. Untuk itu, menguasai teknik membuat CV maupun surat motivasi menjadi salah satu kunci yang dapat membuka lebar kesempatan mendapatkan beasiswa di negara super romantis itu.
 
"Buatlah desain yang menarik, dan foto diri yang tampak rapi dengan cahaya yang cukup. Karena penilaian pertama dari CV adalah ketertarikan. Jika dalam enam detik CV kamu tidak menarik, maka kamu akan dilewatkan," kata Atase Kerja sama Bahasa Prancis Institut Francais d'Indonesie, Philippe Grange, dalam Konferensi Video, Jumat 5 Juni 2020.
 
Baca juga:Belva Devara Raih Penghargaan Alumni Terbaik dari Harvard

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selanjutnya kamu diminta menulis nama dengan struktur nama depan dan nama belakang. Menurutnya, orang Prancis sangat memperhatikan nama keluarga yang tertera di belakang.
 
Selanjutnya hal yang tidak perlu dimuat dalam CV adalah agama. Prancis tak pernah memperdulikan agama seseorang. "Jadi tidak usah disebutkan agama apa, golongan darah apa itu tidak penting," terang dia.
 
Philippe juga mengungkap, ada kesalahan yang kerap dilakukan pelamar beasiswa di Indonesia. Yakni dalam menyertakan status pendidikan terakhir.
 
"Jangan sesekali menulis telah lulus S1 atau S2. Karena di Prancis akan diartikan kamu baru selesai semester pertama saat menulis S1. Tulislah Bachelor atau Master untuk S2," ungkap dia.
 
Baca juga: Salah Jurusan Saat S1? Ini Tips Ganti Pilihan Studi di S2
 
Dalam CV ada baiknya pula disertakan pengalaman kerja. Karena orang Prancis sangat menghargai pekerjaan yang pernah kamu lakukan, walaupun tidak berkaitan dengan pendidikan yang kamu ambil.
 
Surat Motivasi
 
Lebih lanjut, dalam surat motivasi kamu biasanya akan diminta fokus untuk memuat profil pribadi yang kuat akan pengalaman pendidikan dan pekerjaan. Philippe menyebut, Prancis sangat tertarik dengan orang yang percaya diri.
 
"Tampilkan semua yang kamu punya. Kemampuan apapun itu harus dilihatkan. Jangan ada rasa minder," kata Philippe.
 
Dalam surat motivasi, kamu jangan sampai lupa memberikan alasan mengapa memilih program studi di kampus yang dituju. Dan tentunya menyampaikan program studi di kampus tujuan itu adalah yang terbaik untuk menjadi pilihan.
 
"Nah yang harus dihindari itu menulis kamu membutuhkan beasiswa karena tidak mampu. Karena sudah jelas beasiswa kamu ajukan karena kamu berharap bantuan. Jangan pernah terlihat sebagai pengemis. Lebih baik tonjolkan potensi," pungkas dia.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif