Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahillah
Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahillah

Modal yang Wajib Dimiliki Guru Masa Kini

Pendidikan Kualitas Pendidikan Kualitas Guru
Ilham Pratama Putra • 16 Juli 2020 15:42
Jakarta: Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan salah satu kampus yang memiliki Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK). Rektor UNY, Sutrisna Wibawa menekankan tantangan guru masa kini akan semakin berat.
 
Sutrisnya menyebut setidaknya guru harus memiliki 4C, yakni critical thinking, creativity, communication dan colaboration.
 
"Bagaimana mereka bisa kreatif dalam mengajar, bagaimana membentuk komunikasi dan bekerjasama dalam menciptakan pendidikan untuk menjawab tantangan," kata Sutrisna dalam live Instagram @osc_medcom, Rabu, 15 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, kata dia, ada empat kompetensi yang wajib dimiliki guru. Mulai dari kompetensi pendidikan, kepribadian, sosial dan akademik.
 
Baca:Cermat Memilih Kegiatan untuk Anak di Masa Pandemi
 
"Kalau tidak dengan itu, dia tidak cukup dikatakan sebagai guru profesional," ujar mantan Sekretaris Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) itu.
 
Hal ini diperlukan agar nantinya tercetaklah lulusan yang adaptif, fleksibel dan menguasai teknologi. Karena kemampuan ini sangat dibuthkan di masa yang akan datang.
 
"Kami percaya guru kita mampu melaksanakannya. Kita membantu guru lewat webinar, bagaimana mengajar di masa pandemi, lalu strateginya seperti apa kita sudah adakan seminar untuk itu," pungkas Sutrisna.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif