Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Hati-hati Main Add Yours Challenge di Instagram, Bisa Curi Data Pribadi

Pendidikan instagram perlindungan data pribadi Pencurian data UGM
Arga sumantri • 27 November 2021 08:05
Yogyakarta: Fitur stiker Add Yours di Instagram saat ini tengah menjadi tren di kalangan penggunanya. Melalui fitur tersebut, pengguna dapat mengikuti maupun memulai sebuah tantangan yang bisa dilanjutkan pengguna Instagram lainnya.
 
Misalnya, tantangan menyebutkan nama panggilan, tempat tanggal lahir, kota yang pernah ditinggali hingga menunjukkan tanda tangan.
 
Pakar Teknologi Informasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Ridi Ferdiana mengatakan Instagram Challenge pada dasarnya adalah sebuah aktivitas tantangan yang diarahkan oleh pengguna Instagram kepada pengguna lain. Tujuannya, adalah meningkatkan komunikasi dan interaksi sesama Instagram. Hal ini penting sekali bagi pemegang brand, perusahaan, atau figur yang hendak meningkatkan follower atau lalu lintas komunikasi. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan secara sederhana yang dilakukan adalah seorang pengguna Instagram memberikan tantangan kemudian setiap yang mengikuti tantangan akan diberi hadiah dengan memberikan hashtag. Kemudian, setiap peserta tantangan mengikuti sesuai dengan instruksi tantangan.
 
Baca: Mahasiswa Wajib Tahu, Ini Ciri-ciri Burnout Belajar dan Cara Mengatasinya
 
Namun, jika pengguna instagram tidak berhati-hati dalam membagikan foto, justru informasi data diri maupun data privat bisa tersebar dengan mudah. 
 
"Bisa jadi malah membagikan sesuatu yang bersifat pribadi. Misalnya, tanda tangan, nomor KTP, atau data pribadi lainnya," tutur Ridi dikutip dari siaran pers UGM, Sabtu, 27 November 2021.
 
Menurutnya, tantangan tersebut sangat berbahaya karena menanyakan semua informasi yang sifatnya pribadi. Umumnya, informasi tersebut digunakan untuk kegiatan privat seperti perbankan dan kegiatan legal lainnya.
 
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif