Kepala Devisi Pelayanan Beasiswa LPDP, Ratna Prabandari. Foto: Instagram
Kepala Devisi Pelayanan Beasiswa LPDP, Ratna Prabandari. Foto: Instagram

LoA Jadi Syarat Opsional Raih Beasiswa LPDP, Ini Tips Mendapatkannya

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 04 Mei 2021 19:25
Jakarta: Salah satu persyaratan opsional untuk mendapatkan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah Letter of Acceptance (LoA). LoA adalah surat pernyataan dari universitas, bahwa sang pendaftar beasiswa ini sudah diterima di universitas tersebut.
 
Walaupun opsional, dengan adanya LoA maka para pendaftar akan lebih mudah meyakinkan LPDP untuk membiayai kuliahnya nanti.  Untuk itu, Kepala Devisi Pelayanan Beasiswa LPDP, Ratna Prabandari membagikan strategi untuk mendapatkan LoA.
 
"Untuk dapat LoA lurusin dulu niatnya, sekolah itu mau apa. Sekolah mau apa, mau kemana, ambil apa, kenapa harus di universitas itu, kenapa enggak universitas lain. Temen-temen harus riset ya, jangan asal keluar negeri, harus tahu betul tujuannya," kata Ratna dalam live Instagram OSC Talks antara @osc_medcom dengan @LPD_RI , Jumat 30 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah itu adakah pemenuhan skor kemampuan bahasa. Menurutnya kemampuan bahasa tidak dapat ditawar lagi dalam meraih LoA maupun beasiswa LPDP.
 
"Kalau kurang tinggi nih IELTS-nya, enggak bakal bisa. Jangan lebih rendah dari yang ditentukan, karena sudah pasti akan mental di awal," sebut dia.
 
Baca juga:  Media Group Beri Bantuan Biaya Hidup 100 Penerima Beasiswa OSC
 
Kemudian, para pendaftar juga harus membuat personal statement. Personal statement adalah esai singkat yang menjelaskan siapa diri pendaftar, kenapa memilih universitas tersebut, dan akan dibawa ke mana ilmu yang diraih nantinya.
 
"Biasanya dua lembar ya, itu cukup padat. Temen-temen jangan lupa menceritakan panjang lebar dan tinggi. Ini sangat penting karena personal statement ini dipertimbangkan sampai 80 persen baik oleh kampus ataupun LPDP," tutup Ratna.

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif