Talkshow Holland Scholarship Day di Eramus Huis foto: medcom.id/ Muhammad Syahrul Ramadhan
Talkshow Holland Scholarship Day di Eramus Huis foto: medcom.id/ Muhammad Syahrul Ramadhan

Mahasiswa Indonesia di Luar Negeri Harus Berani Bertanya

Pendidikan beasiswa
Muhammad Syahrul Ramadhan • 18 Januari 2020 22:03
Jakarta: Alumni Wageningen University Ikrom Mustofa membagikan pengalamnnya selama studi di Belanda. Menurutnya mahasiswa Indonesia yang belajar di luar negeri harus berani menyampaikan pendapat.
 
“Buat yang niat ke Belanda siap-siap menyampaikan sesuatu, menyampaikan pendapat. Penting kita bisa speak up dengan apa yang kita punya,” kata Ikrom dalam Talkshow di Holland Scholarship Day 2020 di Erasmus Hius, Jakarta Selatan, Sabtu, 18 Januari 2020.
 
Mahasiswa Belanda sangat aktif bertanya ketika dosen hadir di kelas. Namun hal itu tak dilakukan mahasiswa Indonesia. Menurut Ikrom, kondisi seperti ini sangat terlihat di kelas internasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kita sangat pasif tidak berpikir kritis, kepikiran mikir konstruktif. Disana ngomong aja, tidak ada pertanyaan bodoh pertanyaan pintar,”imbuhnya.
 
Padahal seharusnya, pelajar Indonesia bisa menunjukkan kemampuan. Menurutnya dengan kemampuan berpikir kritis dan berani berbicara menjadi nilai tambah dimata dosen.
 
Hal tersebut diamini oleh Muhammad Shidiq. Jebolan Groningen University, Belanda, ini mengatakan pernah mendapatkan nilai jelek di salah satu mata kuliah.
 
“Lulus tapi jelek. Saya dipanggil profesor saya, Shidiq kenapa nilainya jelek? ‘saya sudah belajar pak tapi enggak tahu kenapa nilai saya jelek’. Menurut bapak kenapa? Karena menurut saya kamu hanya diam. Ya sudah saya banyak nanya di kelas,” jelasnya.
 

(ADN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif