Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Skill yang Wajib Dimiliki untuk Calon Social Media Specialist

Medcom • 30 Juni 2022 16:20
Jakarta : Pekerjaan di industri media sosial memang terus berkembang. Saat ini social media specialist merupakan salah satu bidang yang cukup diminati oleh para milenial dan gen z.

Apa Itu Social Media specialist?

Social media specialist adalah profesi yang bertugas untuk menjalin hubungan antara followers dengan brand. Tujuannya agar audiens merasa lebih dekat, sehingga brand awareness pun meningkat.
 
Pendekatan antara sebuah brand dan audiens dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti mengadakan giveaway, menggunakan influencer, menganalisis audiens hingga membuat kampanye yang optimal.  Khususnya jika brand tersebut ingin merilis produk atau layanan baru.
 
Mengutip dari laman GoKampus, social media specialist berperan dalam pembuatan konten yang kreatif dan menarik di media sosial. Dalam hal ini mereka bekerja sama dengan berbagai pihak seperti marketing, partnership dan lain-lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sobat Medcom yang tertarik dengan profesi ini wajib memahami tools tertentu guna menganalisis media sosial seperti Google Analytics, Hootsuite Pro, Facebook Insights dan banyak lagi. 
 
Nah, untuk menjadi social media specialist Sobat Medcom wajib menguasai penggunaan berbagai media sosial. Ada beberapa skills yang harus kamu kuasai.

1. Kemampuan Berkomunikasi

Kemampuan berkomunikasi atau communication skill adalah hal wajib yang harus dikuasai seorang social media specialist. Hal ini sangat penting agar tujuan konten tersampaikan dengan jelas ke audiens.  Sehingga para audiens mengerti dan memahami brand yang menggunakan jasa influencer. Communication skill dan storytelling bisa dilakukan melalui teks, gambar, maupun video.

2. Melek Tren yang Viral

Tren di media sosial bersifat dinamis yang artinya cepat berganti. Jika ingin dekat dengan audiens maka seorang sosial media specialist harus terus up to date dengan hal yang sedang viral. Bahkan, seorang social media specialist dituntut untuk membuat tren sendiri yang bisa diikuti para followers.

3. Critical Thinking itu penting!

Dalam membuat konten, seorang social media specialist harus memiliki strategi tertentu. Kamu harus jeli dalam melihat peluang agar kontenmu meraih banyak audiens. Misalnya memilih media sosial yang kamu gunakan untuk menaikkan brand awareness.

4. Memahami berbagai tools di media sosial

Baik tools untuk konten maupun periklanan harus dikuasai oleh seorang sosial media specialist. Hal ini sangat krusial dalam mengukur key performance indicator (KPI) atau keberhasilan konten dan kampanye yang kamu buat.
 
Hasil analisis dari tools ini akan membantu kamu untuk membuat strategi serta mempelajari kekurangan dari konten yang sudah dibuat. Sebagai seorang social media specialist kamu perlu memahami apa itu search engine optimization (SEO) untuk meraih audiens.

5. Community Management

Salah satu tujuan utama penggunaan media sosial adalah menjalin hubungan dengan berbagai komunitas. Tujuannya agar audiens merasa terkoneksi dan merasa mejadi bagian dari brand tersebut. (Syeha Alhaddar)
 
Baca juga:  Siswa, Ini Susunan Tulang pada Rangka Tubuh Manusia
 
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif