pembelajaran di kelas. Sehingga, guru dapat menciptakan pengalaman belajar lebih bermakna dan sesuai dengan potensi siswa.
Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan guru untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar murid dikutip dari unggahan Instagram @ditjen.gtk.kemdikbud:
6 langkah mengidentifikasi kebutuhan belajar murid
1. Mengamati perilaku murid
Guru dapat memperhatikan perilaku siswa selama proses belajar untuk memahami pola dan tantangan yang dihadapi.2. Mengidentifikasi pengetahuan awal
Mengetahui sejauh mana pemahaman murid terhadap materi sebelumnya menjadi kunci dalam merancang strategi pembelajaran.3. Menggunakan berbagai bentuk asesmen formatif
Asesmen awal dan formatif digunakan untuk menilai kemampuan siswa serta menemukan kebutuhan spesifik mereka.Baca juga: Guru, Buat Pembelajaran Lebih Efektif dengan 8 Cara Ini |
4. Berkomunikasi dengan guru sebelumnya
Bertukar informasi dengan guru yang pernah mengajar murid dapat memberikan wawasan tambahan.5. Membaca rapor murid
Rapor memberikan data penting mengenai capaian akademik murid di masa lalu.6. Mereview dan melakukan refleksi terhadap praktik pengajaran
Guru dianjurkan untuk terus merefleksikan metode pengajaran yang digunakan agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa.Nah, itulah enam langkah mengidentifikasi kebutuhan murid agar belajar sesuai potensi. Selamat mencoba. (Suchika Julian Putri)
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News