Ilustrasi UTBK SBMPTN di UNJ. DOK UNJ
Ilustrasi UTBK SBMPTN di UNJ. DOK UNJ

Pesimis dengan Hasil SBMPTN? Ini 10 Tips Jitu Lolos Ujian Mandiri PTN

Medcom • 20 Mei 2022 14:36
Jakarta: Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) bukan harapan terakhir untuk masuk kampus idaman. Jika Sobat Medcom merasa pesimis dengan hasil ujian UTBK, jangan patah semangat.
 
Masih ada kesempatan lain untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN) impian, yakni ujian mandiri. Ketimbang memikirkan hasil yang tak pasti, lebih baik persiapkan diri untuk mengikuti seleksi mandiri.
 
Dikutip dari Ruangguru, berikut 10 tips maksimalkan peluang lolos ujian mandiri:

1. Cari informasi tentang pelaksanaan ujian mandiri

Setiap PTN memiliki ketentuan seleksi mandiri yang berbeda. Untuk itu, carilah informasi mengenai pelaksanaan ujian mandiri dari PTN yang dituju, mulai dari jadwal dan biaya pendaftaran, tata cara ujian, syarat ujian, hingga apa saja yang dibutuhkan saat hari-H.

2. Pilih prodi sesuai minat dan kemampuan

Layaknya mendaftar SBMPTN, pilihlah program studi sesuai minat dan kemampuan diri. Dengan memfokuskan tujuan pada hal-hal yang disukai, niscaya persiapan ujian akan lebih matang dan tak terasa berat.

3. Ketahui daya tampung dari PTN pilihan

Carilah informasi mengenai daya tampung jalur mandiri guna memperkirakan seberapa besar peluang diterima di PTN tujuan. Kuota seleksi mandiri umumnya 30 persen dari daya tampung keseluruhan setiap prodi di PTN. Untuk jumlah pastinya, bisa dicek melalui website PTN yang dituju.

4. Siapkan persyaratan yang diperlukan

Ketentuan ujian mandiri tiap PTN berbeda-beda, begitu pun dengan persyaratannya. Carilah informasi terkait persyaratan yang diperlukan, kemudian siapkan semua berkas jauh-jauh hari sebelum ujian mandiri dilaksanakan.

5. Pastikan jadwal ujian mandiri tidak bentrok

Bila ingin mengikuti seleksi mandiri di beberapa kampus, pastikan jadwalnya tidak bentrok. Jangan sampai usaha dan biaya lebih yang dikeluarkan menjadi sia-sia karena jadwalnya tidak sesuai.

6. Perbanyak latihan soal

Memperbanyak latihan soal bisa membantu memahami materi lebih dalam, sekaligus meminimalisir kegagalan untuk kedua kalinya. Cobalah kerjakan soal-soal ujian mandiri tahun lalu, dan evaluasi kembali soal UTBK yang sebelumnya dikerjakan.

7. Cari tahu tes yang diujikan

Carilah informasi mengenai detail materi seleksi mandiri PTN tujuan, sebab setiap kampus memiliki materi tes yang berbeda. Meski begitu, tes yang diujikan biasanya masih berhubungan dengan kemampuan akademis sesuai pilihan program studi, pemahaman bacaan dan menulis, serta kemampuan matematika dasar.

8. Tetap semangat belajar

Usahakan jangan merenungi atau mengkhawatirkan hasil UTBK-SBMPTN. Sebab, hal itu dapat mematahkan semangat. Lebih baik tingkatkan pemahaman materi dan ulas kembali materi yang belum dipahami.

9. Pilih metode tes

Beberapa PTN memberikan opsi metode tes, yaitu dengan nilai UTBK atau tes. Bila memiliki nilai UTBK di atas rata-rata, maka bisa menggunakan metode ini. Namun, jika nilai UTBK dirasa kurang bagus, tidak ada salahnya untuk kembali mengikuti seleksi mandiri jalur ujian.

10. Jaga kesehatan

Semua persiapan itu akan sia-sia jika Sobat Medcom tiba-tiba jatuh sakit. Untuk menghindari hal tersebut, jagalah kesehatan fisik maupun mental. Atur jadwal belajar sewajarnya, konsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan lakukan olahraga minimal 15 menit setiap harinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Itulah 10 tips jitu hadapi ujian mandiri PTN. Bagi Sobat Medcom yang berniat mengambil tes ini, tetap semangat ya! (Nurisma Rahmatika)
 
Baca: Rencana Cadangan, 12 Universitas Ini Masih Buka Pendaftaran Jalur Mandiri Alternatif SBMPTN
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif