NEWSTICKER
Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

UNS: Kelola Stres Saat Pandemi Korona dengan K-Smart

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 24 Maret 2020 10:09
Jakarta: Menyikapi penyebaran pandemi virus korona atau coronavirus disease 2019 (covid-19) Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) Surakarta memberikan tips menjaga tubuh dan pikiran agar tetap sehat. Moto K-SMART pun diusung oleh FK UNS.
 
"Jadi kita K-SMART itu Kendalikan Infeksi, Social Distancing, Makan Sehat dan Bergizi," kata Dekan FK UNS, Reviono kepada Medcom.id, Selasa, 24 Maret 2020.
 
Penguatan Agama sebagai bentuk spiritualitas, rutin berolahraga, dan tidur berkualitas juga termasuk dalam jargon tersebut. Sebab pandemi, ini diakui Reviono bakal berpotensi mengganggu kesehatan mental.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Penguatan spiritual, olah raga dan tidur tentunya membantu pengelolaan stres. Memang belum ada yang mengalami stres kita temukan. Namun ini akan menjadi bagian penting dalam menghadapi virus," ungkapnya.
 
Dia menyebut, pengelolaan informasi yang sehat turut berpengaruh. Reviono mengatakan, masyarakat agar tidak terganggu dengan maraknya informasi terlebih berita bohong atau hoaks.
 
Sementara, pengendalian infeksi bisa dimulai dengan mencuci tangan menggunakan sabun, dan memakai hand sanitizer setelah bepergian. Hal ini dilakukan agar virus tidak menyebar lebih luas.
 
"Bagi yang sedang batuk atau bersin, disarankan menggunakan masker atau ditutupi dengan lengan bagian atas," ungkapnya.
 
Untuk poin social distancing, pihaknya meminta masyarakat untuk menjauhi kerumunan. Dan ketika mengalami keluhan sakit ringan, agar dapat istirahat di rumah terlebih dahulu.
 
"Dalam keadaan seperti ini, tidak disarankan pula untuk piknik terlebih dulu. Selebihnya tinggal mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi," pungkas dia.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif