Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Mahasiswa UNS, Kenali Program Beasiswa Studi di Taiwan

Arga sumantri • 06 Januari 2022 15:03
Surakarta: Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan gelar wicara dengan tema 'Beasiswa Study in Taiwan'. Forum ini membahas terkait kerja sama UNS dengan Taiwan, salah satunya dalam hal pemberian beasiswa.
 
"Acara ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa maupun alumni FT UNS yang hendak melanjutkan studi ke Taiwan," kata Wakil Dekan Perencanaan, Kerja Sama Bisnis dan Informasi FT UNS Titis Srimuda Pitana, mengutip siaran pers UNS, Kamis, 6 Januari 2022.
 
Presiden International Cooperation and Development Fund (ICDF) Taiwan-Indonesia Arif Misbahu mengungkapkan, terdapat beberapa bentuk kerja sama antara UNS dengan Taiwan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Misalnya, kegiatan Taiwan Visiting Professor, Taiwan Training/Workshop, dan Student Mobility. Dalam kegiatan Student Mobility sebelum pandemi, UNS kerap mengirim mahasiswa ke Taiwan guna mengikuti program ini.
 
"Sebelum pandemi, kita mengirim mahasiswa ke sana," ujar Arif.
 
Baca: Daftar 7 Universitas Swasta dengan Jurusan Psikologi Terbaik
 
Arif memaparkan tujuan dibentuknya Taiwan Center Indonesia yaitu untuk menyiapkan sumber daya manusia Indonesia menghadapi era globalisasi dan era disrupsi. Arif juga menjelaskan, mengapa Taiwan dapat dipertimbangkan sebagai negara tujuan studi. 
 
Terdapat beberapa alasan, antara lain Taiwan merupakan negara industri yang maju, aman, nyaman, biaya kuliah yang terjangkau, masyarakat ramah, dan kehidupan yang berkualitas. Arif menambahkan, peluang karier tersedia bagi warga negara asing yang tinggal di Taiwan.
 
"Sumber dana mahasiswa yang sedang melaksanakan studi di sana adalah dari subsidi orang tua, beasiswa, bekerja paruh waktu, dan bisnis daring seperti buka jasa titip pembelian barang di Taiwan," ungkap Arif.
 
Untuk seleksi S-1 di Taiwan, kata dia, terdapat dua jalur yang dapat ditempuh. Jalur pertama ialah jalur seleksi bersama di Taiwan. Kedua, jalur rekomendasi ICDF Indonesia yang dapat difasilitasi oleh Taiwan Center Indonesia UNS. 
 
"Terdapat dua program yang dapat diambil yakni kuliah pada bulan September (International Fall Intake) dan kuliah pada bulan Februari (International Spring Intake)," ujarnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif