Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

6 Jurusan Teknik dan Karakternya, Mana yang Cocok Untuk Kamu?

Pendidikan Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi Mahasiswa Program studi
Citra Larasati • 03 Desember 2021 09:11
Jakarta:  Menjadi mahasiswa jurusan teknik sering kali menjadi jurusan idaman bagi sebagian orang.  Pasalnya, lulusan prodi teknik umumnya lebih cepat dan mudah diserap di dunia kerja, karena biasanya memiliki keterampilan yang spesifik.
 
Namun, jika kamu ingin memilih prodi teknik sebagai jurusan di saat kuliah, tentunya tidak boleh juga asal-asalan.  Sebab jika merasa tidak cocok di tengah jalan, maka akan berdampak cukup signifikan bagi keberlangsungan proses kuliahmu.
 
Dikuti dari laman Quipper.com, sebelum memilih jurusan teknik di perguruan tinggi, tidak ada salahnya mengenal karakter  'teknik' apa yang cocok untukmu.  Sederhananya, jika karaktermu cocok dengan jurusan yang kamu pilih, maka kamu pun akan merasa nyaman dan tidak terbebani dengan semua proses yang kamu lewati hingga akhirnya meraih gelar Sarjana Teknik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jadi, untuk mengenali lebih jauh tentang apa saja pilihan jurusan di bidang teknik termasuk karakter calon mahasiswa seperti apa yang cocok.

Macam-macam Pilihan Jurusan Teknik

Teknik Sipil

Teknik Sipil adalah bidang ilmu keteknikan yang mempelajari tentang teknologi merancang, membangun, dan memelihara serta memperbaiki struktur fasilitas dan bangunan pada suatu wilayah.
 
Adapun jenis-jenis bangunan yang dimaksud di sini beragam, mulai dari bangunan rumah sederhana hingga gedung-gedung bertingkat, pasar modern, sarana air bersih, sarana transportasi darat, pelabuhan, bandara, jembatan, dan bendungan.
 
Selain itu juga termasuk bangunan-bangunan lepas pantai seperti pada fasilitas pengeboran minyak lepas pantai dan berbagai fasilitas pembangkit dan transmisi energi.  Sederhananya, semua bangunan yang kita lihat sehari-hari pembuatannya menggunakan penerapan ilmu Teknik Sipil.
 
Nah, jadi enggak heran kan ya kalau jurusan yang satu ini sangat ramai peminatnya? karena ranah kerjanya sangat luas.  Bagi kamu yang ingin kuliah di Jurusan Teknik Sipil sangat dianjurkan jika memiliki kemampuan problem solving dan memiliki kecerdasan yang baik.
 
Hal ini dikarenakan inti dari ilmu Teknik Sipil adalah menyediakan metode pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan.  Misalnya ada target membuat fasilitas publik berupa jembatan untuk menghubungkan dua daratan yang dipisahkan oleh sungai.
 
Seorang Sarjana Teknik Sipil diharapkan mampu menyiapkan berbagai rekomendasi mulai dari pemilihan material, bentuk, termasuk potensi biayanya sehingga dapat dipilih jenis jembatan yang paling ideal.

Teknik Mesin

Teknik Mesin merupakan salah satu bidang keteknikan yang paling tua di dunia. Ilmu Teknik Mesin mulai berkembang sejak dimulainya revolusi industri pada abad 18.
 
Umumnya, Teknik Mesin dapat dipahami sebagai ilmu teknik yang mengkaji tentang penerapan prinsip-prinsip Fisika untuk melakukan melakukan analisis, desain manufaktur, hingga pemeliharaan suatu sistem mekanik. Prinsip ilmu Fisika yang paling banyak terpakai pada Teknik Mesin antara lain konsep teknik material, kinematika,  termodinamika, dan energi.
 
Pengaplikasian ilmu Teknik Mesin membawa perubahan besar dalam kehidupan umat manusia, yang mana sebelumnya manusia dan hewan menjadi sumber tenaga utama dalam suatu rangkaian industri, akhirnya bisa tergantikan oleh mesin.
 
Saat ini perkembangan Teknik Mesin semakin canggih, bahkan mulai terdiferensiasi ke beberapa bidang seperti mekatronika, nanoteknologi, dan komposit.
 
Nah, bagi kamu  yangingin kuliah di jurusan ini, setidaknya kamu harus memiliki karakter suka terhadap tantangan. Ini merupakan karakter yang sangat penting karena untuk menghasilkan sebuah konsep konstruksi mesin bukanlah hal yang mudah.
 
Setiap segmen dari konsep konstruksi mesin harus bisa terasionalisasi dengan baik untuk memudahkan tahap pembuatannya. Sangat mungkin kamu akan menemui kegagalan berkali-kali hingga akhirnya kamu berhasil membuat model yang sesuai.

Teknik Elektro

Teknik Elektro atau yang biasa dikenal dengan Teknik Listrik adalah salah satu bidang ilmu teknik yang mempelajari karakter kelistrikan dan elektromagnetik, termasuk mendesain komponen atau sistem yang memanfaatkan listrik sebagai sumber daya.
 
Untuk membuat suatu rangkaian listrik kamu harus memiliki kemampuan detail oriented karena risiko dari kesalahan membuat konstruksi listrik sangatlah besar. Tentu kamu sudah sering dengar terjadinya kebakaran karena korsleting listrik bukan?
 
Nah, itu adalah salah satu risiko yang ditimbulkan oleh ketidaktelitian dalam membangun konstruksi listrik.

Teknik Informatika

Teknik Informatika merupakan salah satu bidang ilmu teknik yang paling baru nih. Teknik Informatika lahir seiring dengan kemajuan teknologi komputer dan internet.
 
Teknik Informatika adalah bidang ilmu teknik yang mempelajari tentang teknologi komputer serta pengembangannya termasuk evaluasi kinerja sistem operasi komputer, teknologi jaringan komputer, dan pengembangan software (perangkat lunak).
 
Jika kamu suka terhadap hal-hal yang berbau teknologi, utamanya teknologi komputer dan cenderung memiliki ketelitian yang baik maka Jurusan Teknik Informatika sangat cocok untukmu.
 
Modal kesukaan terhadap hal-hal berbau teknologi akan membuatmu lebih giat mengeksplorasi berbagai hal dalam cakupan ilmu Teknik Informatika. Karena pada dasarnya, masih sangat banyak potensi kebaruan yang bisa diciptakan lewat ilmu ini.
 
Sangat mungkin jika namamu tercatat sebagai salah satu penemu bidang informatika sebagaimana yang telah dicapai beberapa ilmuwan Indonesia, misalnya Prof. Dr. Khoirul Anwar yang merupakan penemu teknologi 4G.

Teknik Geodesi

Teknik Geodesi adalah bidang studi keteknikan yang mempelajari tentang pemetaan dan pengukuran muka bumi. Karena hal tersebut, aktivitas praktis geodesi sangat erat dengan yang namanya survei.
 
Sekalipun ilmu teknik Geodesi saat ini sudah didukung dengan hadirnya teknologi Geographic Information System (GIS) dan satelit, tetapi pemahaman dasar seputar survei lapangan dan analisis data spasial sangatlah dibutuhkan.
 
Nah, bagi kamu yang senang berpetualang dan bepergian ke mana-mana cocok banget nih memilih kuliah di Jurusan Teknik Geodesi. Pastinya kamu akan sangat menikmati dan tidak merasa terbebani ketika menjalani praktikum pemetaan dan melakukan survei di berbagai medan.

Teknik Lingkungan

Bagi kamu pecinta lingkungan atau gemar terhadap hal-hal yang berhubungan dengan pelestarian lingkungan, sepertinya Jurusan Teknik Lingkungan merupakan pilihan yang tepat.
 
Jurusan Teknik Lingkungan adalah jurusan yang mempelajari tentang berbagai permasalahan lingkungan yang diakibatkan oleh berbagai faktor, termasuk mengkaji tentang rumusan solusi dan pengendalian masalah lingkungan yang tepat untuk meminimalisir dampak buruk yang terjadi serta tetap mengutamakan kelestarian lingkungan.
 
Dengan meningkatnya kesadaran berbagai pihak tentang pentingnya melakukan berbagai aktivitas pembangunan yang ramah lingkungan, menjadikan lulusan Jurusan Teknik Lingkungan banyak dibutuhkan.
 
Jadi, dari sekian pilihan jurusan bidang teknik yang telah dibahas di atas pastinya kamu sudah bisa dong menilai dirimu lebih cenderung ke jurusan yang mana? Sebisa mungkin kamu memilih dengan mempertimbangkan kecocokan dengan karaktermu ya, agar perjalanan kuliahmu terasa lebih menyenangkan.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif