Ilustrasi. Dok Pexel.com
Ilustrasi. Dok Pexel.com

Fenomena Spirit Doll dalam Pandangan Filsafat Manusia

Arga sumantri • 12 Januari 2022 19:14
Yogyakarta: Fenomena Spirit Doll yang saat ini marak diperbincangkan di media sosial. Menurut Dosen Fakultas Filsafat, Universitas Gadjah Mada (UGM), Sindung Tjahyadi, fenomena itu bukan hal yang baru.
 
"Terkait dengan doll dan segala bentuknya, sudah memiliki sejarah panjang dalam peradaban manusia sejak zaman Firaun, mesir, dan sebagainya. Masyarakat kita juga sudah tidak asing dengan tradisi spirit doll ini," ujar Sindung, mengutip siaran pers UGM, Selasa, 12 Januari 2022.
 
Menurut Sindung, spirit doll dikategorikan menjadi dua, yaitu untuk healing supaya sehat dan baik, dan untuk kebutuhan yang tidak baik. Misalnya, santet.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, menurutnya, fenomena spirit doll yang muncul saat ini baik dari segi wujud, makna dan fungsi sudah bergeser dari yang dulu. Sehingga, muncul pertanyaan apakah pergeseran ini merupakan sesuatu yang alamiah atau dikontruksi secara sengaja.
 
"Ketika kemudian muncul spirit doll ini, sebenarnya juga dari segi pemahaman perlu diluruskan, karena dalam pengetahuan saya, spirit doll semacam sarana manusia untuk berkomunikasi dengan yang lain. Yang lain itu bisa kuasa yang lebih tinggi, kemudian orang lain bisa juga terkait dengan refleksi dalam arti berkomunikasi dengan dirinya sendiri," papar Sindung.
 
Baca: Tren Spirit Doll, Psikolog: Tak Wajar jika Dimainkan Orang Dewasa
 
Fenomena lain yang menarik dari spirit doll adalah harganya yang sangat mahal. Lalu, manusia memperhatikannya secara berlebihan seperti menggunakan baby sitter.
 
Ia menyebut, fenomena membeli spirit doll dengan harga mahal itulah yang harus dibaca dengan cara lain. Artis yang mempunyai spirit doll kemudian dihujat oleh netizen adalah risiko yang harus diterima, demi sesuatu dan konten, 
 
"Dianggap bisa viral. Padahal, itu sudah bergeser dari wujud, makna dan fungsi spirit doll yang sebelumnya," ucap Sindung.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif