Ilustrasi vaksin covid-19. Medcom.id
Ilustrasi vaksin covid-19. Medcom.id

Vaksin Merah Putih Berpotensi Diekspor

Pendidikan Virus Korona Riset dan Penelitian vaksin covid-19
Ilham Pratama Putra • 27 November 2020 13:43
Jakarta: Pemerintah masih dalam upaya pembuatan vaksin secara mandiri, yakni vaksin covid-19 Merah Putih. Jika pembuatan vaksin berhasil dan kebutuhan vaksin dalam negeri sudah terpenuhi, pemerintah tidak segan untuk mengirimkan vaksin tersebut ke luar negeri atau mengekspornya.
 
"Tentu kita siap (ekspor). Setelah vaksin ini melalui uji klinis, mendapatkan izin, dan diproduksi massal untuk ditawarkan ke negara lain," ujar Bambang dalam Rapat Kerja Kemenristek/BRIN, dalam Raker Inovasi yang digelar secara virtual, Jumat 27 November 2020.
 
Namun ekspor akan dilakukan jika kebutuhan dalam negeri sudah terpenuhi. Jika kebutuhan vaksin dalam negeri sudah terpenuhi, maka tidak ada salahnya Indonesia turut membantu kebutuhan vaksin di luar negeri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tentunya vaksin merah putih kita utamakan dulu untuk kebutuhan dalam negeri," tegas Bambang.
 
Baca juga:  Distribusi Vaksin Merah Putih Mundur ke Penghujung 2021
 
Dia menyadari jika kebutuhan vaksin dalam negeri cukup besar. Kebutuhan vaksin dalam negeri itu dihitung berdasarkan rumus kekebalan kelompok atau herd immunity.
 
"Setidaknya dua per tiga jumlah penduduk, maka dibutuhkan kira-kira 170 juta orang untuk vaksinasi dan apabila dibutuhkan dua dosis per orang bisa dibutuhkan sampai 360 juta dosis," terang Bambang.
 
Belum lagi, perhitungan jika dibutuhkan booster vaksin. Artinya vaksin diberikan secara berkali atau tidak cukup sekali vaksinisasi.
 
"Kita harus mengtisipasi kemungkinan vaksinasi berikutnya pada periode setelahnya dan juga adanya booster sehingga kita benar-benar fokus kepada pemenuhan kebutuhan dalam negeri dulu," tutupnya.

 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif