Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Guru Besar IPB: Vaksin Itu Ibarat Payung di Kala Hujan

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi vaksin covid-19 IPB Vaksinasi covid-19
Citra Larasati • 23 Oktober 2020 11:23
Jakarta: Pakar Mikrobiologi Institut Pertanian Bogor (IPB), Sri Budiarti menjelaskan cara kerja vaksin dalam menghalau virus dan penyakit yang berpotensi menyerang tubuh manusia. Ia pun mengibaratkan vaksin sebagai payung di tengah hujan.
 
Menurut Sri, masyarakat perlu mendapatkan edukasi yang lebih lengkap terkait vaksin covid-19 maupun proses dan tujuan vaksinasi itu sendiri. "Harusya disampaikan apa tujuan vaksinasi covid-19 ini," kata Sri kepada Medcom.id, Jumat, 23 Oktober 2020.
 
Vaksin, kata Sri, berfungsi merangsang sel memori, agar jika suatu waktu manusia terkena penyakit yang sebenarnya, maka tubuh sudah siap memproduksi 'tentara' (antibodi) untuk memerangi virus yang akan masuk tadi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau sewaktu-waktu ada musuh yang datang, maka tentara tubuh atau antibodi kita sigap membereskan antigen yang datang," terang dosen Mikrobiologi dan imunologi Departemen Biologi MIPA IPB ini.
 
Baca juga:Pakar IPB: Vaksin Harus Aman dan Tidak Merugikan
 
Sedangkan bagi tubuh yang tidak divaksin, maka jika ada virus ataupun penyakit yang datang bisa jadi tubuh tersebut belum memiliki tentara (antibodi) yang siap. "Atau bisa jadi persiapan 'tentaranya' untuk melawan lebih lama ketimbang yang sudah divaksin. Sehingga seringkali penyakitnya sudah terlanjur berkembang biak, itu bedanya," terang guru besar IPB yang juga pengurus IDI Kota Bogor ini.
 
Ia juga mengingatkan, agar masyarakat mengetahui bahwa tubuh yang divaksin pun tidak menjamin 100 persen bahwa tubuh tidak akan pernah sakit. "Tidak ada jaminan. tapi vaksin itu ibarat payung saja di musim hujan. Kalau kita sudah siap payung kemudian hujan kan langsung aja tinggal dijebretin (dibuka) payungnya. Meskipun basah, tapi tidak akan basah kuyup seperti jika tidak ada payung. Tapi jangan jalan-jalan di kala hujan lebat ya," bebernya menganalogikan.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif