Online gathering bertajuk 'Indonesia Maju Berbasis Riset dan Inovasi Nasional: Peran Perguruan Tinggi Dalam Pengembangan Industri Nasional'. Tangkapan layar
Online gathering bertajuk 'Indonesia Maju Berbasis Riset dan Inovasi Nasional: Peran Perguruan Tinggi Dalam Pengembangan Industri Nasional'. Tangkapan layar

Telkom University Diharapkan Terus Kembangkan Inovasi Telekomunikasi

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 05 Agustus 2020 20:48
Jakarta: Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan Telkom University bisa jadi contoh perguruan tinggi yang berhasil bekerja sama dengan industri yakni, PT. Telkom. Telkom University diharapkan bisa terus mengembangkan sayap.
 
"Saya harapkan kolaborasi tersebut tidak hanya dengan PT Telkom tapi bisa dengan seluruh perusahaan telekomunikasi di Indonesia," kata Bambang, Rabu, 5 Agustus 2020.
 
Bambang menjelaskan, untuk mencapai visi Indonesia pada 2045 diperlukan inovasi-inovasi terbaik yang berasal dari perguruan tinggi yang berkolaborasi dengan pihak industri. Telkom University (Tel-U) sudah melakukannya dengan baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia berharap semakin banyak inovasi baru lahir dalam dunia telekomunikasi. Dengan begitu, Indonesia bisa menjadi negara berbasis inovasi.
 
Bambang menambahkan, dalam masa pandemi ini akan ada banyak perubahan dari berbagai sektor. Makanya, diperlukan teknologi yang tepat untuk mendukung perubahan tersebut. Seperti belanja online, hiburan online, pembayaran digital, supply chain 4.0, teleworking, 3d printing, telemedicine, tele-education dan training, sampai teknologi 5G dan ICT.
 
"Dari 10 teknologi tersebut, saya yakin Telkom University bisa menghasilkan inovasi-inovasi yang dibutuhkan selama masa pandemi ini, karena trend itu saat ini sedang terjadi, dan saya percaya dengan kapasitas yang dimiliki Tel-U pasti bisa mencapai itu," ungkapnya.
 
Bambang menjadi pembicara kunci dalam online gathering bertajuk 'Indonesia Maju Berbasis Riset dan Inovasi Nasional: Peran Perguruan Tinggi Dalam Pengembangan Industri Nasional' yang digelar Tel-U dalam rangka menyambut HUT Republik Indonesia ke-75. Acara ini juga sekaligus dalam rangka merayakan ulang tahun Telkom University ketujuh.
 
Dalam pemaparannya, ia menjabarkan tentang empat pilar yang harus dipahami tentang riset dan inovasi. Pertama, riset yang tepat guna. Ia mengatakan, saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang tinggal di pedesaan dan di bawah garis kemiskinan. Riset tepat guna ini harus menyasar pada sektor pertanian, perikanan, dan perkebunan.
 
Kedua, riset dan inovasi harus memiliki nilai tambah dan komersialisasi. Bambang mengatakan, Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah.
 
"Oleh karena itu, kita tidak ingin mengekspor tambang kita secara mentah, kita ingin Indonesia menjadi pemain utama dalam bidang tambang. Karena apabila bahan tambang seperti biji besi kita ekspor secara mentah, kita tidak akan memiliki industri tersebut," tegasnya.
 
Baca:Pertama di Indonesia, Telkom University Dilengkapi Command Center
 
Pilar ketiga yakni menggunakan skill yang dimiliki untuk memanfatkan subtitusi impor. Baik itu alat telekomunikasi, alat kesehatan dan sebagainya. Bambang meyakini akademisi Indonesia itu mampu untuk membuat alat sendiri tidak perlu impor.
 
Pilar keempat, kata Bambang, yakni memiliki teknologi yang maju. "Saya yakin Telkom University sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia dengan hasil-hasil riset dan inovasi yang baik mampu untuk menciptakan inovasi-inovasi yang up to date," jelasnya.
 
Menristek juga mengucapkan selamat hari jadi Telkom University ke-7, dan terimakasih atas segala inovasi dan riset yang dilahirkan oleh Telkom University untuk kemajuan Indonesia.
 
"Saya apresiasi seluruh sivitas akademika Telkom University yang banyak menghasilkan riset dan inovasi untuk bangsa Indonesia, dan saya akan terus mendorong Telkom University untuk terus berinovasi dan melakukan kolaborasi dengan para pelaku industri," ucap dia.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif