Foto: Dok.  Telkom University
Foto: Dok. Telkom University

Telkom University Uji Coba Robot AUMR di Wisma Atlet

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 08 April 2020 20:59
Jakarta: Telkom University (Tel-U) Bandung kembali melakukan uji coba robotnya Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR). Kali ini AUMR diuji di Rumah Sakit Darurat Covid-19 yang berlokasi di Wisma Atlet Jakarta tersebut.
 
Robot yang mempunyai fungsi disinfeksi dan sterilisasi pada ruang isolasi pasien positif coronavirus disease (covid-19) ini kata Kepala Urusan Public Relation, Daris Rohmansyah mendapatkan respons positif dari bagi para tenaga medis dan tim TNI. Bahkan mereka berharap robot ini dapat segera digunakan.
 
"Antusiasme terhadap AUMR ini begitu tinggi, khususnya bagi para tenaga medis dan tim TNI yang tidak sabar untuk segera menggunakan alat ini untuk disinfeksi dan sterilisasi," kata Daris dalam siaran pers yang diterima Medcom.id, Jakarta, Rabu, 8 April 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Daris menjelaskan, robot yang masih tahap pengembangan ini akan terus ditingkatkan kemampuannya dengan menambah beberapa fitur. Seperti antisipasi di bagian roda jika ada hambatan track dan ramah jalur difabel.
 
Kemudian penambahan pelindung lampu UVC untuk menghindari potensi bahaya."Penambahan notifikasi khusus jika AUMR menabrak alat lain dan indikator penanda untuk meyakini bahwa lampu telah menyala," jelasnya.
 
Sebelumnya, robot ini juga sudah menjalani uji coba di RS Hasan Sadikin Bandung pekan lalu. Robot ini selain berfugsi untuk melakukan disinfeksi dan sterilisasi ruang isolasi juga untuk menghilangkan dan mengurangi kontaminasi mikroorganisme, dan menghindari interaksi langsung tim medis terhadap pasien positif virus Korona.
 
Biaya riset dan pengembangan Robot AUMR ini menghabiskan biaya senilai Rp250 juta. Jika dibandingkan dengan robot AUMR dari luar negeri yang harganya mencapai USD 80.000-USD90.000, robot AUMR diklaim harganya masih lebih terjangkau.
 
Tim AUMR ini merupakan kolaborasi antara Tel-U dan Balai Pengembangan Instrumentasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif