Ilustrasi. MI/Rommy Pujianto
Ilustrasi. MI/Rommy Pujianto

Dosen Perlu Libatkan Mahasiswa Lakukan Kolaborasi Riset

Pendidikan Pendidikan Tinggi Kampus Merdeka Merdeka Belajar
Ilham Pratama Putra • 19 November 2020 13:53
Jakarta: Wakil Rektor Telkom University (Tel-U), Dadan Rahadian mendorong dosen untuk melibatkan mahasiswa dalam setiap kegiatan riset. Hal ini menjadi bagian dosen penggerak dalam program Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
 
"Dalam Kampus Merdeka memberikan penekanan riset. Dosen harus menjadi penggerak dan harus juga menggerakkan mahasiswa untuk terlibat," kata Dadan dalam diskusi daring Sosialiasi Dosen Penggerak Program Merdeka Belajar, Kamis 19 November 2020.
 
Dadan mengatakan, mengajak mahasiswa untuk masuk dalam projek ini guna memberikan pengalaman yang nyata bagi mahasiswa. Sehingga, saat mahasiswa memiliki gambaran saat ingin melakukan projek mandiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:LIPI Dongkrak Publikasi Internasional dan Peningkatan SDM Iptek
 
Tuntutan dosen penggerak ini datang dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. Dorongan itu menyadarkan Dadan pentingnya peran dosen penggerak bagi pengembangan mahasiswa untuk melakukan riset dan inovasi.
 
Hasil dari riset itu, kata Dadan, nantinya harus bisa dihilirisasi. Makanya, pengenalan hasil riset juga harus sampai pada meja industri.
 
"Jadi nanti bersama mahasiswa juga kita harus bisa komersiliasi riset. Kita harus terhubung dengan industri untuk menghasilkan teknologi yang berguna di masyarakat," terang dia.
 
Ia percaya, riset mampu membangkitkan pertumbuhan ekonomi nasional. "Kita bergerak bersama mahasiswa memang dari awal hingga nanti hasil riset yang dihasilkan tersambung dengan industri," ungkapnya.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif