Menristek Bambang Brodjonegoro. Foto: Dok. YouTube
Menristek Bambang Brodjonegoro. Foto: Dok. YouTube

Teliti Mutasi Virus Korona, Pemerintah Bentuk Tim Genomic Surveillance

Pendidikan Virus Korona Riset dan Penelitian
Ilham Pratama Putra • 08 Januari 2021 19:16
Jakarta:  Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjalin kerja sama untuk membentuk Tim Genomic Surveillance.  Keduanya telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU).
 
Menristek/Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro mengatakan, tim ini dibentuk untuk mengenali karakter virus covid-19 yang ada di Indonesia. Termasuk untuk mengenali mutasi yang mungkin terjadi.
 
"Kita ingin mempelajari dengan cepat apabila terjadi penyakit yang ternyata lebih berat. Kita juga perlu mendalami penanganan pasien dari hasil Tim Genomic Surveillance," kata Bambang saat Penandatanganan MoU antara Kementerian Kesehatan dan Kementerian Ristek/BRIN yang digelar secara virtual, Jumat, 8 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terlebih, kata Bambang, saat ini vaksinisasi akan segera dimulai. Ia mengingatkan, agar jangan sampai mutasi yang ada saat ini malah menghalangi efektivitas vaksin.
 
"Saat ini belum ada hambatan untuk efektivitas vaksin dari mutasi yang ada. Tapi kita tidak bisa terlalu lega, terlalu cepat lega karena di situ itulah fungsi Genomic Surveillance," ujarnya.
 
Baca juga:  Tiru Inggris, Indonesia Bentuk Tim Genomic Surveillance
 
Sebelumnya, Bambang juga sempat mengatakan, jika mutasi virus baik dari Inggris maupun Afrika memang belum masuk ke Indonesia. Namun bukan berarti ancaman varian baru itu tidak berpotensi terjadi di Indonesia.
 
"Mengingat sampai hari ini data untuk virus sejenis flu itu baru masuk 115. Sementara kalau kita bandingkan dengan Singapura yang penduduknya lima juta jiwa, mereka sudah melakukan Whole Genome Sequencing (WGS) sebanyak seribu, sehingga mereka sudah menemukan satu individu yang terdampak virus dari Inggris itu," jelas Bambang.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif