Tim pengembang aplikasi DSS Padi dari Universitas Padjajaran. Foto: Dok Humas Unpad.
Tim pengembang aplikasi DSS Padi dari Universitas Padjajaran. Foto: Dok Humas Unpad.

Akademisi Unpad Ciptakan Aplikasi untuk Tentukan Kualitas Tanaman Padi

Pendidikan Pendidikan Tinggi Riset dan Penelitian Unpad
Arga sumantri • 26 November 2020 22:08
Bandung: Tim dosen dan mahasiswa dari Fakultas Teknologi Industri Pertanian dan Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran (Unpad) menciptakan aplikasi 'Decision Support System (DSS) Padi'. Aplikasi ini disebut bisa memudahkan petani dan penyuluh pertanian lapangan (PPL) mengidentifikasi kecukupan pupuk serta potensi serangan penyakit pada tanaman padi.
 
Ketua tim penelitian Mimin Muhaemin, menyebut DSS Padi lebih praktis untuk melakukan identifikasi tanaman padi ketimbang alat identifikasi yang ada di lapangan. Ia menambahkan, sebenarnya ada alat dari pemerintah berupa bagan warna daun, tetapi banyak petani yang tidak menggunakannya dengan alasan kurang praktis.
 
"Kalau lewat handphone, semua petani dan PPL pasti akan membawa,” ujar Mimin dalam siaran pers Unpad, Kamis, 26 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan, banyak petani dan PPL kurang menguasai beragam permasalahan di lapangan terkait tanaman padi. Padahal, selama ini sudah banyak hasil penelitian dan publikasi ilmiah yang sudah dilakukan para ilmuwan.
 
Mimin dan tim pun mencoba menjembatani hasil penelitian tersebut kepada para petani dan PPL. Pengembangan aplikasi diharapkan akan lebih efektif, karena hampir semua petani maupun PPL memiliki telepon pintar.
 
 
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif