Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Foto: Dokumentasi UIN Jakarta.
Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Foto: Dokumentasi UIN Jakarta.

UIN Jakarta Temukan Lima Mutasi Baru Covid-19 dari Banten

Pendidikan Virus Korona Riset dan Penelitian Perguruan Tinggi
Arga sumantri • 13 Januari 2021 15:25
Jakarta: Laboratorium Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ditunjuk menjadi salah satu tempat pengujian surveilans genom covid-19 bersama 12 institusi perguruan tinggi nasional lainnya. Ini merupakan tindak lanjut nota kesepahaman Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) dan Menteri Kesehatan (Menkes).
 
Dekan Fakultas Kedokteran UIN Jakarta Hari Hendarto mengatakan, lewat penunjukan ini berarti Fakultas Kedokteran UIN Jakarta bakal diberi tanggung jawab sebagai salah satu pusat kajian dan riset untuk mengetahui epidemiologi molekuler, karakteristik, dan dampak pada kesehatan. 
 
Riset ini juga akan melakukan pelacakan kasus untuk manajemen, pencegahan dan penanggulangan covid-19, serta koordinasi di tingkat nasional dan global.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Tim Genomic Surveillance Lacak Varian Baru Covid-19 Jepang
 
Hari mengatakan, hasil surveilans genom SARS-CoV-2 yang diuji laboratorium nantinya memungkinkan Indonesia melakukan prediksi, serta mengambil tindakan pencegahan dan penanganan. Hasil uji juga bisa jadi bahan pelaporan yang cepat dan tepat, guna pengendalian mutasi virus secara masif seperti yang terjadi di Inggris.
 
"Saat ini, Laboratorium Fakultas Kedokteran UIN Jakarta telah berhasil menemukan lima mutasi baru dari strain virus SARS Cov-2 yang  dianggap paling berbahaya, terutama dari beberapa sample di wilayah Banten," papar Hari mengutip laman UIN Jakarta, Rabu, 13 Januari 2021.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif