Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Akhir 2020, Vaksin Merah Putih Ditargetkan Uji Hewan

Pendidikan Virus Korona Riset dan Penelitian
Muhammad Syahrul Ramadhan • 30 Juli 2020 11:49
Jakarta: Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro menyebut vaksin virus korona (covid-19) buatan Indonesia atau vaksin Merah Putih masuk tahap uji hewan akhir tahun ini. Setelah formulanya dinilai efektif, vaksin yang dikembangkan Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman ini akan diserahkan kepada Bio Farma sebagai perusahaan pembuat.
 
"Targetnya sampai akhir tahun ini bisa menyelesaikan uji di hewan, karena awalnya harus uji lab dengan sel. Lalu masuk uji hewan," kata Bambang dalam kunjungannya ke Laboratorium Bio Farma, Bandung, Rabu, 29 Juli 2020.
 
Ia menyampaikan, setelah uji hewan dan hasilnya efektif, Bio Farma sebagai perusahaan yang memproduksi vaksin Merah Putih ini akan melakukan uji klinis. Bila lolos uji klinis, akan diproduksi secara massal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nanti Bio Farma memproduksi bibit vaksin itu menjadi vaksin yang dipakai uji klinis, baik pre klinis maupun uji klinis," terangnya.
 
Baca:Bio Farma: Sinovac Tiongkok Jangka Pendek, Vaksin Merah Putih Jangka Panjang
 
Guna memastikan kesiapan Bio Farma, Bambang langsung menyambangi laboratorium mereka yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Ia ingin memastikan komitmen Bio Farma untuk memproduksi vaksin Merah Putih, dan kesiapan dari segi teknologi.
 
"Maksudnya karena yang sekarang dari Tiongkok menggunakan platform virus yang dilemahkan, sedangkan dari Eijkman protein rekombinan, kami ingin pastikan apakah Bio Farma nanti siap dengan berbagai macam platform tadi," ujarnya.
 
Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir menyebut untuk uji klinis ditargetkan dapat dieksekusi pada 2021. Kemudian pada 2022, vaksin Merah Putih bisa diproduksi.
 
"Kami targetkan tahun depan uji klinis ke manusia tahap satu, dua dan tiga. Kalau lancar semua mudah-mudahan awal 2022 mungkin kita bisa produksi untuk vaksin merah putih,” tuturnya.
 

(AGA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif