Ketua Forum Rektor Indonesia Arif Satria. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Ketua Forum Rektor Indonesia Arif Satria. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Bangun Ekosistem Inovasi, Kampus Perlu Miliki Science Techno Park

Pendidikan Pendidikan Tinggi Riset dan Penelitian Perguruan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 12 November 2020 14:48
Jakarta: Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyebut inovasi akan bermunculan dari ekosistem yang baik. Kampus menjadi salah satu lahan munculnya inovasi tersebut.
 
Agar kampus memiliki ekosistem yang baik dalam menciptakan inovasi, Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI), Arif Satria meminta kampus untuk memiliki Science Techno Park (STP). Kawasan Sains dan Teknologi perlu dibangun agar warga kampus dapat berkolaborasi menciptakan inovasi.
 
"Salah satu ekosistem yang bagus dalam membentuk inovasi dengan Science Techno Park, tapi belum semua perguruan tinggi memiliki STP. Hanya beberapa, padahal (membangun inovasi) ini kan perlu percepatan," kata Arif di gedung Kemenko Pembangunan Manusia Kebudayaan (PMK), Jakarta Pusat, Kamis 12 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:FRI: Buruknya Infrastruktur Hambat Ekosistem Berinovasi di Kampus
 
Selain pembangunan STP di internal kampus, pihaknya juga ingin tiap kampus berkolaborasi dalam menciptakan inovasi. Hal ini berguna untuk memperkuat STP di internal kampus masing-masing.
 
"Selain itu STP akan jadi sebuah institusi yang menjembatani antara inventor, inovator, dan industri," sambung Arif.
 
Saat STP menjadi kuat, Arif meyakini hasil inovasi akan lebih terintegrasi dengan industri. STP akan membuat kampus lebih percaya diri melakukan hilirisasi inovasinya kepada pihak industri.
 
"Apalah arti inovasi tanpa ada upaya hilirisasi. Jadi Science Techno Park itulah yang harus kita perkuat," tambahnya.
 
FRI siap jika diminta untuk akan memfasilitasi pembelajaran dan pengarahan agar perguruan tinggi dapat melakukan percepatan inovaso tersebut. "Percepatan pembelajaran antar perguruan tinggi itu harus dimulai karena mau tidak mau kita harus saling belajar," ungkapnya.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif