NEWSTICKER
Ilustrasi. Foto: MI/Rommy Pujianto
Ilustrasi. Foto: MI/Rommy Pujianto

Menristek: Indonesia Harus Bisa Produksi Vaksin Korona Sendiri

Pendidikan Virus Korona Riset dan Penelitian
Muhammad Syahrul Ramadhan • 26 Maret 2020 22:12
Jakarta: Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro mengatakan, Indonesia harus mampu membuat vaksin Korona sendiri. Saat ini Lembaga Biologi Molekuler sedang mulai mengembangkan vaksin tersebut.
 
"Dalam pengujian sampel dipimpin oleh LPM Eijkman, kita akan mencoba mengembangkan vaksin untuk covid-19,” terang Bambang dalam konferensi pers daring, Jakarta, Kamis, 26 Maret 2020.
 
Bambang menjelaskan, bahwa penting bagi Indonesia untuk bisa memproduksi vaksinnya sendiri. Sehingga nantinya jika sudah ditemukan vaksin Korona, tidak mengandalkan produk luar negeri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebabbisa saja suplai vaksin dari luar negeri tidak mencukupi, karena mereka juga harus memenuhi kebutuhan di negaranya. “Barangkali nanti di luar negeri sudah ada yang bisa memproduksi vaksin, tapi di Indonesia harus memiliki kemampuan untuk memproduksi vaksin tersebut,” jelasnya.
 
Meski begitu, untuk proses pengembangan vaksin tetap akan berkolaborasi dengan negara lain yang saat ini juga tengah mengembangkan vaksin korona. “Tentunya kita tidak menutup pintu terhadap kerja sama dengan pihak luar negeri yang sudah mulai mengembangkan vaksin tersebut,” ungkapnya.
 
Baca juga:Kemenristek Bentuk Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19
 
Ia pun menegaskan, terpenting adalah vaksin virus Korona ini segera ditemukan dan bisa diproduksi. Untuk itu Kemenristek/BRIN membentuk Konsorsium Riset dan Inovasi Covid. Konsorsium ini mempunyai tiga prioritas dan salah satunya adalah pengembangan vaksin korona.
 
“Prioritas ketiga dari Konsorsium Covid-19 adalah prioritas jangka panjang yang berfokus pada pengkajian dan pengembangan obat dan vaksin, termasuk avigan, chloroquin, kina, dan sebagainya,” jelasnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif