Menristek Bambang Brodjonegoro. Foto: Dok. Kemenristek
Menristek Bambang Brodjonegoro. Foto: Dok. Kemenristek

Kemenristek dan Inotek Siapkan Seribu Startup Baru

Pendidikan startup inovasi
Ilham Pratama Putra • 28 September 2020 20:53
Jakarta: Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) dan Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (Inotek) melakukan Penandatanganan Kerja sama (MoU) Seribu Teknopreneur Sejuta Pekerjaan (STSP).
 
Pendiri Inotek, Sandiaga Uno menyebut kerja sama ini adalah bentuk inovasi dalam membangun ekosistem kewirausahaan. "Program ini ditujukan untuk membuat seribu pengusaha yang bergerak di bidang digital atau lebih dikenal dengan startup. Dengan menciptakan teknologi tepat guna dan sistem pendampingan yang komprehensif untuk para wirausaha," kata Sandi, dalam siaran YouTube Kemenristek/BRIN, Senin, 28 September 2020.
 
Program ini bakal berjalan di 34 provinsi. Sandi menyebut kerja sama dengan pemerintah, dunia usaha, serta kelompok masyarakat sangat diperlukan mendorong gerakan wirausahawan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Inotek, Ilham Habibie mengatakan, bahwa pihaknya berfokus pada inovasi dan teknologi. Khususnya di masyarakat menengah ke bawah yang memiliki Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
 
Baca juga:UGM Kuliah Tatap Muka Mulai 2021
 
Menurut Ilham, program ini untuk memudahkan kegiatan keseharian rakyat yang mengalami dampak akibat covid-19. Kegiatan UMKM ini, kata dia, akan menghidupkan perekonomian dari akar rumput.
 
"Ini yang harus kita perhatikan, terutama oleh inovator, Untuk memindahkan solusi yang terbaik untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi mereka. STSP ini adalah sebuah program nasional dengan kegiatan inkubasi, akselerasi dan lain sebagainya, termasuk materi pelatihan yang dapat memberdayakan SDM di daerah," ujar Ilham.
 
Menristek/BRIN Bambang Brodjonegoro juga turut menyampaikan harapannya, agar program ini dapat menjadi dorongan kuat bagi perekonomian Indonesia. Dia ingin program ini terimplementasi dengan baik.
 
"Kami berharap ini dapat diimplementasikan dengan penuh komitmen sehingga tercipta program kewirausahaan kolaboratif untuk menciptakan inovasi yang berdampak bagi masyarakat untuk bisa mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," tutup Bambang.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif