Peneliti utama uji klinis fase III vaksin rekombinan Covid-19 Universitas Padjadjaran dr. Rodman Tarigan, Sp.A(K), M.Kes. Dok Humas Unpad.
Peneliti utama uji klinis fase III vaksin rekombinan Covid-19 Universitas Padjadjaran dr. Rodman Tarigan, Sp.A(K), M.Kes. Dok Humas Unpad.

Hasil Dua Tahapan Uji Klinis, Vaksin Rekombinan Anhui Dinyatakan Aman

Pendidikan Virus Korona Unpad vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19
Arga sumantri • 03 Maret 2021 07:06
Bandung: Vaksin rekombinan covid-19 yang dikembangkan Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical dinyatakan aman berdasarkan hasil uji klinis fase satu dan dua yang sudah dilakukan. Hal ini disampaikan Peneliti utama uji klinis fase III vaksin rekombinan covid-19 Universitas Padjadjaran (Unpad) Rodman Tarigan.
 
"Untuk fase III, ini selain keamanan, tentu juga (kita melihat) kekebalan dan efikasinya," ujar Rodman mengutip siaran pers Unpad, Rabu, 3 Maret 2021.
 
Ia menjelaskan vaksin covid-19 Anhui dikembangkan dari spike glikoprotein atau bagian kecil virus yang akan memicu kekebalan tubuh saat disuntikkan ke tubuh manusia. Ada perbedaan dengan vaksin Covid-19 lain yang dikembangkan virus yang dilemahkan atau dimatikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Vaksin rekombinan sendiri bukanlah hal baru dalam dunia medis. Rodman menjelaskan, vaksin rekombinan yang selama ini sudah banyak beredar adalah vaksin hepatitis B yang banyak digunakan di fasilitas kesehatan di Indonesia.
 
"Artinya vaksin rekombinan sudah familiar oleh dokter umum, dokter anak, hingga perawat dan bidan," jelas Rodman.
 
Selain itu, vaksin rekombinan juga bisa disimpan antara suhu 2 hingga 8 derajat celcius. Artinya, proses penyimpanannya tidak memerlukan perangkat yang khusus, sehingga tidak terlalu sulit untuk menyediakan peralatan penyimpanan.
 
Uji klinis fase III vaksin rekombinan Covid-19 Anhui di Indonesia memerlukan 4.000 relawan. Proses uji klinis akan dilakukan di dua kota, yaitu Jakarta dan Bandung. Untuk kota Bandung, jumlah relawan yang dibutuhkan sebanyak 2.000 orang. Ada enam rumah sakit di Bandung yang ditunjuk sebagai lokasi uji klinis, antara lain:  RS Hasan Sadikin, RS Immanuel, RS Advent, RS Al-Ihsan, RS Unggul Karsa Medika, dan RSIA Limijati.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif