Menristek Bambang Brodjonegoro. Tangkapan Layar.
Menristek Bambang Brodjonegoro. Tangkapan Layar.

Menristek: Kolaborasi Triple Helix Bisa Dorong Ekspor Produk Indonesia

Pendidikan inovasi Riset dan Penelitian
Ilham Pratama Putra • 10 November 2020 16:10
Jakarta: Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan sinergi dan kolaborasi triple helix antara peneliti, pemerintah, dan pelaku usaha industri harus diperkuat dalam menghasilkan produk nasional. Produk inovasi dalam negeri itu dapat mendorong ekspor Indonesia.
 
"Kolaborasi triple helix dapat menciptakan inovasi yang dapat mendorong ekspor produk Indonesia," kata Bambang dalam Pembukaan Inovasi Indonesia Expo 2020, Artificial Intelligence Summit 2020 dan Pemberian Anugerah Inovasi, Selasa, 10 November 2020.
 
Menurut Bambang, produk inovasi yang dihasilkan setidaknya dapat mendorong subtitusi impor. Dia menyebut proses riset nasional dan konsorsium riset inovasi covid-19 adalah contoh nyata perwujudan triple helix tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pemerintah juga telah mengeluarkan kebijakan super tax deduction yang tertuang dalam peraturan Menteri Keuangan nomor 153 tahun 2020. Kebijakan ini diharapkan dapat meningkatkan kegiatan penelitian dan pengembangan dalam beberapa bidang penelitian tertentu di sektor industri," terang Bambang.
 
Baca:Inovasi Indonesia Expo 2020 Dorong Hilirisasi Riset
 
Bambang meyakini hal ini dapat meningkatkan inovasi, yang kemudian dapat dihilirisasi ke masyarakat. Dia berharap inovasi dapat terus menjadi solusi.
 
"Dan inovasi ini juga menjadi arus utama transformasi ekonomi sehingga Indonesia keluar dari middle income trap, dan mewujudkan visi 2045, menjadi negara berpendapatan tinggi," ungkap dia.
 
Kemenristek saat ini juga mendukung program pemulihan ekonomi nasional. Bahkan, Kemenristek/Brin bekerja sama dengan Kementerian Desa, untuk pembangunan daerah, utamanya yang tertinggal.
 
"Serta ada program UMKM berinovasi yang terus ditingkatkan lingkup dan kualitasnya. Kita semua sebagai komponen bangsa yang bertanggung jawab terhadap kemajuan dan kemandirian bangsa," ungkapnya.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif