Tim Ventilator UI saat menyerahkan bantuan APD ke RSCM. Foto: UI/Humas
Tim Ventilator UI saat menyerahkan bantuan APD ke RSCM. Foto: UI/Humas

UI Serahkan Ventilator Covent-20 ke RSCM

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Citra Larasati • 20 Mei 2020 13:58
Jakarta: Tim Ventilator Universitas Indonesia (UI) menyerahkan dua buah unit ventilator lokal karya UI, Covent-20 untuk digunakan di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Ventilator ini sebagai bagian dari uji klinis pada manusia.
 
“Kami sangat bersyukur bahwa akhirnya Covent-20 dapat memasuki fase uji klinis pada manusia. Proses Uji Klinis Ventilator UI, Covent-20 memakan waktu yang lebih lama. Hal ini karena kami perlu menunggu kepastian protokol uji dari Kementerian Kesehatan terkait multimode ventilasi Covent-20, mode Continuous Positive Airway Pressure (CPAP) dan mode Continuous Mandatory Ventilation (CMV),” papar Dekan Fakultas Teknik UI (FTUI), Hendri D.S. Budiono dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 20 Mei 2020.
 
Baca juga:Lulus Uji, UI Siap Produksi Ventilator Lokal COVENT-20

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wakil Direktur IMERI FKUI bidang inovasi, Budi Wiweko menambahkan, dengan keunggulan multimode yang dimiliki, Covent-20 dapat digunakan pada fasilitas kesehatan. Mulai dari unit ambulans hingga Instalasi Gawat Darurat, baik noninvasif maupun invasif.
 
"Beberapa dokter RSCM yang telah melihat Covent-20 meyakini, bahwa ventilator UI ini mempunyai keunggulan fungsi yang signifikan dibandingkan peralatan ventilator transport dasar berbasis tekanan dan ambu-bag yang saat ini masih banyak digunakan di berbagai rumah sakit,” terang Budi.
 
Covent-20 telah dinyatakan lulus uji produk untuk mode ventilasi CMV dan CPAP di Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) pada April 2020 lalu. "Kami juga telah menyelesaikan uji pra klinis pada hewan dengan menggunakan paru-paru hewan di Animal Facility IMERI FKUI dengan hasil yang memuaskan," terangnya.
 
Uji pada hewan ini memperkuat hasil uji BPFK bahwa Covent-20 dapat menjadi ventilator alternatif untuk mode Continuous Mandatory Ventilation (CMV). "Hasil ini juga menunjukkan bahwa Covent-20 siap untuk diujikan pada manusia,” kata Ketua Tim Ventilator Dr. Basari.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif