Ilustrasi peneliti. Foto: MI/Rommy Pujiantp
Ilustrasi peneliti. Foto: MI/Rommy Pujiantp

Menristek: Dosen Harus Banyak Bergaul dengan Industri

Pendidikan inovasi Pendidikan Tinggi Riset dan Penelitian
Ilham Pratama Putra • 18 November 2020 17:01
Jakarta: Menteri Riset Teknologi/ Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan, jika kolaborasi antara dosen peneliti dengan industri harus diperkuat. Hal ini agar inovasi yang dihasilkan dosen dapat diserap oleh industri.
 
"Dosen harus lebih banyak bergaul dengan industri, lebih mendengarkan masukan dari industri," kata Bambang dalam Anugerah Hak Kekayaan Intelektual Produktif dan Berkualitas, Rabu, 18 November 2020.
 
Namun jangan lupa, inovasi yang dibuat dosen juga harus memiliki hak cipta. Dosen juga harus mengerti jika inovasinya merupakan salah satu kekayaan intelektual.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebih lanjut, Bambang menyebut, kolaborasi dosen dengan industri dalam berinovasi juga tak lepas dari hilirisasi produk inovasi. Industri akhirnya dapat memproduksi inovasi dosen yang akhirnya berguna untuk masyarakat.
 
Baca juga:Menristek: Jumlah Peneliti di Indonesia Kalah dari Vietnam
 
Di saat yang sama, kata Bambang, kolaborasi hasil inovasi jangan selalu dipandang sinis. Pemanfaatan inovasi oleh industri jangan dipikir hanya untuk keuntungan satu pihak.
 
"Jangan mengggap semua hanya maunya industri. Mereka (industri) membaca apa yang dibutuhkan masyarakat," sambungnya.
 
Untuk itu diskusi antara dosen peneliti dengan industri harus terfasilitasi dengan baik. Agar terjalin kerja sama yang menguntungkan masyarakat.
 
"Apalagi kalau industrinya mau berinvestasi dalam upaya penciptaan inovasi, terjalin konsistensi. Ini harus jadi titik tolak kalau inovasi harus jadi arus utama pembangunan Indonesia," tutupnya.

 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif